Simpan Mesin ATM di Kamar, Pelaku Skimming Akui agar Mudah Dipelajari

Mesin ATM yang dicuri disimpan di kamar pelaku
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Polisi mengungkap alasan satu unit mesin ATM ada di kamar Ramyadjie Priambodo atau RP, yang diciduk terkait kasus dugaan pencurian atau skimming data nasabah milik salah satu bank. Ramyadjie diduga kerabat jauh calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto.

BRI Buka Suara soal Oknum Bobol Rp 5,1 Miliar: Itu Mantan Pegawai

Ternyata pelaku menggunakannya untuk mencari tahu kelemahan mesin ATM. Dengan cara itu, ia jadi lebih mudah melancarkan aksi skimming.

"Untuk mengetahui kelemahan mesin ATM," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Selasa 19 Maret 2019.

Polda Sumut Bongkar Sindikat Pembobolan ATM Antar Provinsi, Bikin Rugi Rp 3 Miliar

Polisi mengatakan akan segera menyelesaikan pemberkasan kasus yang menimpa RP. Sejauh ini, polisi telah menyita beberapa barang bukti di antaranya mesin ATM dan memeriksa 10 orang saksi. 

Akibat perbuatan RP, bank swasta yang jadi korbannya mengalami kerugian cukup besar yakni mencapai Rp300 juta. Dari tangan pelaku, ada beberapa barang bukti yang disita, seperti satu masker, laptop, ponsel, sampai peralatan skimming.

Waduh! Data 7,9 Juta Pengemudi Australia Dibobol
Ilustrasi transaksi di ATM

Polisi Tangkap ART yang Bobol ATM Majikan hingga Puluhan Juta

Pelaku yang merupakan Asisten Rumah Tangga (ART) baru bekerja 3 bulan di majikannya. Sebanyak Rp 20 juta uang milik majikan raib.

img_title
VIVA.co.id
29 Februari 2024