Saat Mahasiswa Papua Lantang Baca Teks UUD 1945 di Amerika

Mahasiswa Papua bacakan Teks Pembukaan UUD 1945 di Houston, AS.
Sumber :
  • KJRI Houston

VIVA – Peringatan HUT RI ke-74 di Kota Houston, negara bagian Texas, Amerika Serikat, berlangsung penuh semangat dan kebersamaan. Lebih dari 500 orang mengikuti rangkaian acara perayaan kemerdekaan Indonesia itu. Mulai dari kegiatan olahraga, perlombaan, upacara detik-detik Proklamasi hingga acara puncaknya yaitu Bazar dan Pesta Rakyat. 

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Upacara dipimpin langsung oleh Konsul Jenderal RI di Houston, Dr. Nana Yuliana. Upacara berlangsung khidmat ketika Paskibra dan anggota TNI melakukan pengibaran bendera. Anggota TNI tersebut sedang menempuh studi di Defence Language Institute (DLI), Lackland Air Force Base, San Antonio, Texas. 

Sementara teks Pembukaan Undang-Undang Dasar dibacakan oleh Nisa Romaropen. Dia adalah mahasiswa Indonesia asal Papua. Nisa menempuh perjalanan selama 5 jam darat dari Dallas untuk menghadiri upacara bendera di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Houston.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

"Saya senang sekali bisa berada di sini (KJRI), ikut upacara dan melihat suasana perayaan, meskipun suasana upacara terasa berbeda dengan di Papua. Di Papua, perayaan 17 Agustus rasanya lebih meriah karena di tanah air kita sendiri," ujar Nisa seperti dilansir KJRI Houston dalam keterangan tertulis, Senin 19 Agustus 2019.

Nisa merupakan mahasiswa Indonesia asal Sentani, Papua. Dia saat ini sedang menempuh pendidikan Pascasarjana di bidang Business Finance di Dallas Baptist University, Texas. 

Youtuber Bobon Santoso Mau Jual Alphard Demi Kasih Makan Orang Papua

Dia menceritakan, awalnya ia berencana hanya menempuh program S1 namun karena nilai IPK-nya yang sangat baik, ia kemudian mendapatkan program akselerasi hingga Pascasarjana dari Dallas Baptist University. 

Dalam perayaan HUT RI itu, suasana semakin meriah dengan kelompok aubade dan angklung mempersembahkan lagu-lagu perjuangan. Tak kalah serunya, masyarakat juga unjuk bakat dan kreatifitas dengan mengadakan lomba karaoke dan pemotongan tumpeng. 

Selain itu, KJRI mengadakan kegiatan donor darah untuk membantu mereka yang membutuhkan di Houston.
Kemudian ada juga bazar kuliner dan penampilan budaya Indonesia pada malam hari 17 Agustus 2019. 
Masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Dallas, San Antonio dan Austin juga turut memeriahkan acara. Di anntaranya,  penampilan tari Jangger, Nandak Ganjen dan demo Pencak Silat. 

Peringatan Dirgahayu HUT RI ke-74 KJRI Houston bekerja sama dengan masyarakat Indonesia menyelenggarakan kegiatan 11 cabang olahraga dan permainan seperti bowling, pingpong, tenis, sepeda gembira, domino, voli, basket, futsal, golf, badminton dan paintball. 

Anak-anak juga turut meramaikan acara dengan mengikuti lomba makan kerupuk dan balap karung. Dengan moto Fresh, Fun and Friendship, Konjen RI Houston, Dr. Nana Yuliana berharap agar membangkitkan energi persatuan Indonesia demi kemajuan bangsa. 

Rangkaian kegiatan ini menunjukan semangat keanekaragaman dan kebersamaan suasana HUT RI ke-74 Indonesia, sebagaimana tercermin dalam semboyan Indonesia yaitu, Bhinneka Tunggal Ika (Unity in Diversity). (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya