Istana Presiden di Papua Bakal Dibangun Dekat Jembatan Holtekamp

Jembatan Holtekamp di Papua telah tersambung.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raden JIhad Akbar

VIVA – Presiden Joko Widodo telah menetapkan bakal membangun Istana Kepresidenan di Papua sebagai tempat berkantornya saat datang ke tanah Papua. Istana tersebut rencananya akan di bangun berdekatan dengan Jembatan Holtekamp, Jayapura.

Prabowo Bakal Pajang Lukisan dari SBY di Istana Presiden yang Baru

Hal itu disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat ditemui di Jakarta Internasional Expo (Jiexpo), Kemayoran, hari ini, Rabu, 11 September 2019. Kata dia, dekat jembatan tersebut ada sebuah bukit yang bisa di jadikan lokasi pembangunan istana.

"Ide yang saya dapatkan dekat jembatan Holtekamp, ada bukit di sana, tapi saya belum survei," tuturnya.

Rosan Roeslani Bocorkan Isi Pertemuannya dengan Pratikno di Istana

Kata Basuki, untuk pengadaan tanahnya, telah dijaminkan oleh Ondoafi besar Skow Kota Jayapura, Abisay Rollo, seluas 10 hektare. Tanah tersebut merupakan miliknya dan akan dihibahkan untuk negara demi membangun istana sesuai permintaan masyarakat papua.

"Kami baru mau survei lokasinya karena ada 10 hektate yang dipersiapkan untuk pembangunan istana yang di Jayapura atau Papua, " tutur Basuki.

Proyek Istana Wapres di IKN Bakal Dilelang Ulang, Jokowi Minta Desainnya Direvisi

Meski begitu, Basuki menegaskan bahwa bentuk istana tersebut nantinya tidak akan serupa dengan istana negara. Melainkan, hanya berbentuk seperti wisma negara yang menjadi kantor bagi presiden saat berkunjung ke provinsi tersebut.

"Tapi jangan dibayangkan seperti istana negara gitu, jadi kaya wisma negara sehingga nanti akan menjadi kantor presiden kalau beliau ada (keperluan)," ungkapnya.

Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan petinggi perusahaan tambang, Freeport McMoran di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024