8 Tips Memaksimalkan Penggunaan Dompet Digital Biar Tak Boros

8 Tips Memaksimalkan Penggunaan Dompet Digital Biar Tak Boros

Minggu, 13 Oktober 2019 | 04:30 WIB
Pilih dompet digital yang sesuai.
Dompet Digital Dana.
Photo :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

Dompet Digital Dana.

VIVA – Mekanisme pembayaran saat ini jauh lebih canggih daripada dulu. Ada banyak pembaruan metode pembayaran yang semakin memudahkan transaksi.

Salah satu yang bisa dilihat adalah hadirnya dompet digital atau e-wallet, pembayaran elektronik yang sangat dikagumi oleh kalangan milenial.

Meski menawarkan kemudahan, kehadiran e-wallet justru membawa malapetaka bagi penggunanya. Sebab pengeluaran dapat meningkat dalam sekejap apabila penggunaan e-wallet tidak dikontrol dengan baik. 

Agar manfaat yang dirasakan semakin maksimal, berikut beberapa tips menggunakan dompet digital atau e-wallet yang harus terapkan sehari-hari biar tak boros seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pilih Dompet Digital yang Sesuai 

Saat ini ada banyak jenis dompet digital yang bisa digunakan. Tak perlu menyebut merek, tetapi sebelum digunakan, coba tentukan dompet digital mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pahami kekurangan dan kelebihan masing-masing dompet digital, lalu lakukan perbandingan untuk mengetahui yang paling sesuai. Anda bisa melihat ulasan atau komentar dari pengguna sebelumnya sebagai bahan pertimbangan saat memilih salah satu dompet digital.

Aplikasi yang memiliki ulasan tertinggi sudah pasti menawarkan layanan yang memuaskan. Selain itu, promo yang ditawarkan oleh pendiri dompet digital juga sangat banyak. Tak heran kalau banyak yang menggunakan aplikasinya.

2. Pahami Kebutuhan, Bukan Keinginan

Antara Anda dan teman pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Amati arus pengeluaran Anda saat ini untuk mengetahui pos mana saja yang menimbulkan pengeluaran terbesar, baik per minggu ataupun per bulan. 

Kalau sudah, sekarang Anda bisa menentukan pengeluaran mana yang akan dibiayai dengan dompet digital. Alhasil, pengeluaran dapat berkurang. Walaupun berkurangnya cuma sedikit, tetapi kalau dikumpulkan jumlahnya lumayan besar juga, bukan?

3. Cari ‘Merchant’ yang Menawarkan Promo

Banyak merchant yang sudah bekerja sama dengan penyedia dompet digital atau e-wallet. Menariknya lagi, terdapat promo yang sangat beragam yang bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna, mulai dari promo belanja, makan, nonton, hingga traveling.

Nah, Anda bisa manfaatkan promo ini untuk mengurangi pengeluaran. Jumlah yang bisa dihemat cukup lumayan, terutama bagi yang sering hedon, shopping, atau makan di luar.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Artikel Terpopuler