Menlu: Lima Tahun ke Depan Jadi Tahun Sibuk Diplomasi Indonesia

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia akan meningkatkan kontribusi dan kepemimpinan Indonesia di kawasan regional maupun dunia. 

Menlu China Wang Yi Lakukan Pertemuan dengan Menlu Retno, Ini yang Dibahas

"Lima tahun ke depan, bapak-ibu sekalian, merupakan tahun yang akan sangat sibuk bagi diplomasi Indonesia," kata Retno dalam rapat di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa 12 November 2019.

Para 2020, katanya, Indonesia masih akan duduk sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Sementara itu, pada 2020, 2021, dan 2022, Indonesia menjadi anggota Dewan HAM PBB.

Menlu Retno Marsudi Temui Wapres Klarifikasi soal Isu RI Akan Normalisasi Diplomatik Israel

"Untuk tahun 2020, juga Indonesia akan menjadi ketua Global Health and Foreign Policy. Tahun 2020, juga Indonesia akan menyelenggarakan Halal Summit. Tahun 2020, akan menyelenggarakan Indo Pasific Infrastructure and Connectivity Forum," katanya.

Pada 2023, di dalam satu tahun, Indonesia akan jadi ketua ASEAN, sekaligus menjadi ketua G-20. "Jadi, untuk tahun 2023, akan diplomasi politik luar negeri Indonesia akan cukup sibuk.” (asp)

Menlu Retno Khawatir Lihat Konflik Iran vs Israel, Dorong Deeskalasi di Timur Tengah
Jokowi pimpin rapat terbatas di istana

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Istana Kepresidenan. Keduanya membahas kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024