Kinerja Gaspol Erick Thohir di 30 Hari Pertama Jabat Menteri BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA - Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, membuktikan keseriusan kinerja di 30 hari pertama masa jabatannya, sejak dilantik oleh Presiden Jokowi pada 23 Oktober 2019.

Legeenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Dilansir dari laman Instagram Kementerian BUMN, Minggu, 24 November 2019, tercatat bahwa dua hari setelah dilantik yakni pada 25 Oktober 2019, Erick langsung menunjuk dua wakil menterinya yakni Kartika Wirjoatmodjo dan Budi Gunadi Sadikin.

Langkah itu langsung dilanjutkan dengan rapat koordinasi membahas lima tujuan pariwisata baru bersama sejumlah kementerian terkait, yakni Kementerian PUPR, Kemenhub, Kemenpar dan BKPM, pada 26 Oktober 2019.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Pada 29 Oktober, Erick menemui Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, guna membahas soal integrasi transportasi. Kemudian, Erick mengadakan pertemuan dengan Chairul Tanjung guna berdiskusi membahas soal pengelolaan BUMN, pada tanggal 31 Oktober 2019.

Rangkaian maraton kegiatan Erick terus digenjot pada 4-11 November 2019, guna membahas soal Task Force proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, kunjungan kerja ke Uni Emirat Arab bersama Menkeu Sri Mulyani, serta meresmikan jembatan lengkung bentang panjang (longspan) proyek LRT Jabodebek.

Stafsus Bantah Erick Thohir Perintahkan BUMN Borong Dolar AS, Ini Penjelasannya

Setelah sempat memanggil mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ke kantornya pada 13 November, Erick langsung bertolak ke Lampung mendampingi Presiden Jokowi guna meresmikan ruas Tol Terpeka Lampung pada 15 November 2019.

Tak sampai di situ, rangakaian kegiatan Erick kembali digenjot pada 18-21 November 2019, dengan sejumlah acara seperti misalnya menemui eks komisioner KPK, Chandra Hamzah, serta memangkas tujuh posisi eselon I menjadi hanya tiga posisi.

Hal itu dilanjutkan dengan memberikan arahan kepada 32 komisaris utama dan direktur utama BUMN, serta kunjungan ke Jepang guna membahas peluang kerjasama di bidang SDM dan teknologi.

Pada 22 November kemarin, Erick telah menunjuk Pahala N. Mansury dan Chandra Hamzah sebagai Direktur Utama dan Komisaris Utama Bank BTN (Persero), serta Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina.

Hingga pada 23 November 2019 kemarin, atau tepat 30 hari mendapuk jabatan sebagai Menteri BUMN, Erick berangkat ke Busan, Korea Selatan, guna mendampingi Jokowi melakukan kunjungan kerja terkait agenda ASEAN ROK. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya