Logo BBC

Pendukung ISIS Pindah ke TamTam Setelah Digerebek di Telegram

- TAM TAM MESSAGING APP
- TAM TAM MESSAGING APP
Sumber :
  • bbc

Pendukung kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS) beramai-ramai pindah ke layanan pesan TamTam setelah dilakukannya penggerebekan besar-besaran di Telegram.

Sejak tahun 2015, ISIS hanya menggunakan aplikasi layanan pesan Telegram.

Puluhan saluran pendukung-ISIS dibuat di TamTam sejak tanggal 29 November, meniru tingkat kegiatan yang sebelumnya terlihat di Telegram.

Penyebar media ISIS sebelumnya membuat saluran di TamTam pada bulan April 2018, tetapi percobaan tersebut terbatas skalanya dan tidak lama berlangsung.

Meskipun percobaan terbaru ini masih dalam tahapan sangat dini, skala operasinya telah mengalahkan percobaan pada alternatif app lainnya seperti Riot dan RocketChat.

Kerja sama sepertinya dilakukan di belakang layar lewat saluran tertutup, sebagian mendorong yang lainnya untuk tidak menerbitkan percobaannya.

Pendukung ISIS kemungkinan mengikuti penyebar utama propaganda ISIS, Nashir News Agency, yang mendirikan saluran "resmi" disitu pada tanggal 29 November, sekitar seminggu setelah penggerebekan serius pada Telegram dengan koordinasi Europol.