Putri Mahkota Kerajaan Denmark Kunjungi Keraton Yogyakarta

Sultan HB X dan Putri Mahkota Kerajaan Denmark Mary Elizabeth
Sumber :
  • VIVAnews/Cahyo Edi

VIVA – Putri Mahkota Kerajaan Denmark, Mary Elizabeth Donaldson menyempatkan untuk berkunjung ke Keraton Yogyakarta di sela lawatannya ke Kota Yogyakarta, Rabu, 4 Desember 2019.

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

Selama berada di Yogyakarta, Putri Mary sempat berkunjung ke Puskesmas Tegalrejo untuk meninjau program kesehatan di Yogyakarta. Kemudian, Putri Mary tiba di Keraton Yogyakarta sekitar pukul 11.39 WIB.

Setibanya di gerbang Keraton Yogyakarta, Putri Mary disambut langsung oleh empat putri Sultan Hamengkubuwono X. Empat putri Sultan HB X ini adalah GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, dan GKR Bendara.

Denmark Wajibkan Militer Wanita untuk Pertama Kalinya, Masa Bakti Juga Diperpanjang

Diantar oleh para putri Sultan HB X, Putri Mary ditemui oleh Sultan HB X dan GKR Hemas di Bangsal Kencono. Sultan HB X dan Putri Mary pun sempat bertukar cenderamata di Bangsal Kencono.

Setelahnya, Sultan HB X menjamu Putri Mary makan siang bersama di Bangsal Manis. Sejumlah kuliner khas Keraton Yogyakarta pun disajikan untuk Putri Mary.

Kandaskan Anders Antonsen, Chico Aura Tembus Semifinal French Open 2024

Dalam kunjungannya ke Keraton Yogyakarta, Putri Mary ditemani oleh Menteri Kerja Sama Pembangunan Denmark, Rasmus Prehn dan Duta Besar Denmark untuk Indonesia Rasmus Abildgaard Kristensen.

Sultan HB X menyampaikan kunjungan Putri Mary ke Keraton Yogyakarta merupakan kunjungan biasa. Oleh karena itu, tak ada pembahasan spesial tentang Keraton Yogyakarta dengan Kerajaan Denmark.

"Ya hanya ngobrol-ngobrol saja. Ya biasa-biasa saja (obrolannya), kekeluargaan saja. Ya memang ke sini waktunya hanya satu jam dan hanya untuk jamuan makan," ungkap Sultan HB X.

Sultan HB X menambahkan, salah satu alasan kedatangan Putri Mary adalah karena cerita mertuanya, Ratu Margareth II. Ratu Margareth II pada 2015 pernah berkunjung ke Keraton Yogyakarta serta bertemu dengan Sultan HB X dan keluarga.

"Ibunya (mertua) pernah ke sini empat tahun yang lalu. Dia mendapatkan cerita dari mertuanya," tutur Sultan HB X.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya