Logo BBC

IOD Hindia, Gejala Cuaca Bikin Dunia Kekeringan termasuk Indonesia

Dehydration and heat are the biggest risks in the outback - Getty Images
Dehydration and heat are the biggest risks in the outback - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Hujan deras yang melanda pantai Afrika Timur membuat puluhan ribu orang di Somalia harus mengungsi, menenggelamkan sejumlah kota di Sudan Selatan dan menyebabkan banjir bandang dan longsor sehingga menewaskan lebih 250 orang di Ethiopia, Kenya dan Tanzania serta negara-negara tetangganya.

Daerah ini sebenarnya sudah terbiasa mengalami hujan deras tetapi para ilmuwan mengatakan pada tahun 2019, keadaan diperparah gejala metereologis Indian Ocean Dipole (IOD) atau Dipole Samudera Hindia.

Gejala yang sama, menurut beberapa akademisi, akan menurunkan curah hujan di wilayah Indonesia bagian barat. Berikut ini adalah sejumlah hal yang perlu diketahui tentang Dipole Samudra Hindia.

1. Apakah yang dimaksud dengan Dipole Samudra Hindia ?


- BBC

IOD adalah gejala metereologi yang dapat mengubah pola curah hujan di negara-negara Samudra Hindia dekat ekuator, dari Afrika Timur sampai Indonesia, dan mempengaruhi cuaca sampai ke Australia.

IOD positif adalah keadaan ketika laut di bagian barat Samudra Hindia, yaitu di lepas pantai Afrika Timur, menjadi lebih hangat dari pada normal sehingga meningkatkan penguapan dan curah hujan.