Logo ABC

Australia Deportasi 6 Orang karena Bawa Daging Mentah Tanpa Lapor

Bawaan daging mentah seperti ini dikhawatirkan akan membawa virus flu Afrika ke Australia.
Bawaan daging mentah seperti ini dikhawatirkan akan membawa virus flu Afrika ke Australia.
Sumber :
  • abc

Petugas pabean Australia semakin ketat memeriksa barang bawaan penumpang berupa makanan. Bahkan sudah banyak pelanggar yang dideportasi untuk memberi efek jera.

Tindakan ini dilakukan berkenaan dengan kekhawatiran bahwa bahan makanan terutama yang belum dimasak berisi kuman dan penyakit yang bisa menyebar dan menghancurkan industri makanan di sini.

Salah satu hal yang dikhawatirkan adalah serangan virus flu Afrika pada babi yang sudah terjadi di banyak negara dan dikhawatirkan bisa masuk ke Australia.

Sejauh ini serangan virus flu Afrika ini sudah memusnahkan 25 persen stok ternak babi di seluruh dunia, dan akibatnya antara lain harga daging babi di Australia sejauh ini melonjak lebih dari 40 persen.

Menurut laporan harian The Australian, di tahun 2019 sudah ada enam orang yang hendak masuk ke Australia dipulangkan lagi ke negara asal mereka karena membawa bahan makanan yang tidak dilaporkan sebelumnya.

Pembatalan visa paling akhir yang dilakukan oleh Pasukan Perbatasan Australia (ABF), badan yang mengurusi masalah imigrasi dan bea cukai di Australia adalah terhadap seorang warga asal Polandia.

Penumpang tersebut membawa 3.4 kg daging babi yang tidak dilaporkan sebelumnya ketika tiba di Bandara Brisbane (Queensland) pertengahan November lalu.