Logo BBC

Norwegia Alami Cuaca Terpanas Pada Januari 2020, Suhunya 19 Derajat

- TV2
- TV2
Sumber :
  • bbc

Wilayah barat Norwegia mengalami gelombang panas yang langka pada awal Januari 2020. Suhu mencapai 19 derajat Celsius, padahal biasanya suhu berada di bawah titik beku.

Suhu 19 derajat Celsius itu diukur di desa Sunndalsora, di wilayah barat Norwegia lebih dari 25C di atas temperatur rata-rata bulan Januari. Hal ini menjadikannya sebagai hari terpanas Januari di Norwegia semenjak pencatatan dimulai.

Banyak orang menikmati cuaca yang hangat, namun ada kekhawatiran bahwa kenaikan suhu itu adalah contoh dari perubahan iklim.

"Ini rekor baru untuk cuaca hangat di sini ... Orang-orang (sudah) keluar di jalan-jalan dengan mengenakan kaos hari ini," kata Yvonne Wold, Wali Kota Rauma, yang telah berenang di laut, kepada BBC.

"Banyak orang biasanya bermain ski saat ini. Tidak banyak yang melakukan itu seperti yang terjadi pada hari ini," tambahnya.

Sementara cuaca panas merupakan sesuatu yang baru bagi warga setempat, Wold mengatakan ada kekhawatiran perihal gambaran yang lebih besar dari kenaikan suhu.

Penyiar BBC yang mengkhususkan pada prediksi suhu dan cuaca, Peter McAward mengatakan suhu tertinggi sebelumnya di Sunndalsora pada Januari adalah 17,4C.