Tahun 2020, Pemerintah Siap Kucurkan Hibah Miliaran ke Startup

Menristek Bambang Brodjonegoro di Apple Academy
Sumber :
  • VIVAnews/Sherly

VIVA – Kementerian Riset, Teknologi, dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional kembali menganggarkan dana puluhan miliar untuk setiap pelaku startup yang ada di Indonesia. Upaya ini dilakukan, untuk mendukung perkembangan industri kreatif dan ekonomi digital.

Pidato, Gibran Rakabuming Raka Sampaikan Visi Misi Dari Dana Abadi Pesantren Hingga KIS Lansia

"Caranya tidak melalui beasiswa, tetapi memberikan mereka dana bantuan untuk mengembangkan karya digitalnya itu. Soal nilai atau besaran anggarannya saya tidak ingat, tetapi pastinya nilainya itu puluhan miliar," kata Menristek, Bambang Brodjonegoro di Apple Developer Academy di BSD, Tangerang, Selasa 14 Januari 2020.

Setiap satu startup akan dianggarkan mendapat ratusan juta. Di mana, untuk mendapatkan dana bantuan itu, setiap pelaku startup bisa langsung mengajukannya ke pihak kementerian.

Unair Beri Pendampingan untuk Pelaku Usaha Pemula

"Prosesnya tidak susah, langsung saja ajukan ke pihak kementerian dan nanti kita lihat seperti apa startup-nya. Kemudian, jika menurut kita sesuai dengan perkembangan yang ada, kita berikan dananya," ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap, startup baru yang akan muncul tahun ini lebih mengarah ke hal-hal yang bisa mempermudah gaya hidup masyarakat Indonesia.

Kisah Miliarder Muda hingga Srtart Pakaian yang Curi Hati Pasar Global

"Salah satunya, seperti yang kita lihat paparan dari alumni Apple Academy yang menghasilkan aplikasi Qiroah yang membantu membaca Alquran ataupun Hearo yang membantu para tuna rungu dan tuna netra bersosialisasi dengan mudah," ungkapnya. (asp)

Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.

Kolaborasi dengan Pelaku Start-Up, Kaesang Ingin PSI Lebih Anak Muda

Salah satu kerja sama PSI dengan pelaku start up yaitu mengenai sekolah kaderisasi.

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2024