Tiga Fokus Pemerintah RI di Pertemuan Menteri Pertanian Seluruh Dunia

Pertemuan menteri pertanian seluruh dunia di Berlin, Jerman.
Sumber :
  • Dokumentasi Kementan.

VIVA – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menghadiri Global Forum Food and Agriculture (GFFA) 2020 di Berlin, Jerman pada 16--18 Januari lalu. Forum tersebut merupakan pertemuan dua tahunan menteri pertanian sedunia. 

Mentan Sebut Alih Fungsi Lahan Pertanian Ancam Produksi Padi Nasional

Dalam forum tersebut, dia dan delegasi Pemerintah membawa tiga fokus utama untuk bisa mengembangkan sektor itu dan  meningkatkan kontribusi bagi masyarakat dunia. Pertama, menghilangkan batasan yang menghambat intervensi bantuan pangan bagi kemanusiaan.

Kedua, negara-negara maju harus memiliki komitmen yang kuat untuk membantu negara-negara berkembang dan terbelakang untuk dapat maju bersama melalui transfer ilmu pengetahuan, inovasi teknologi, keahlian, dan pengalaman. Ketiga, menjadikan pangan sebagai instrumen penting dan strategis sebagai bahasa perdamaian dunia.

Ganjar-SYL Saling Balas Pujian, Pengamat: Salah Satu Opsi di 2024

"Itu misi yang diperjuangkan delegasi Indonesia dalam forum global tersebut," ujar mantan gubernur Sulsel itu dikutip dari keterangan resminya, Senin 20 Januari 2020.

Forum global ke-11 untuk pangan dan pertanian tersebut, tahun ini mengangkat topik 'Pertanian Menjadi Digital, Solusi Cerdas untuk Pertanian Masa Depan'.

Mentan Klaim Stok Beras Aman, 2 Tahun Tak Perlu Impor

Menurutnya, konferensi ini memberikan kesempatan bagi perwakilan dari dunia politik, bisnis, ilmu pengetahuan, dan masyarakat sipil untuk berbagi ide. Meningkatkan pemahaman tentang topik pilihan kebijakan pertanian saat ini.

"Misi tersebut diusulkan sebagai bagian dari kesepahaman bersama antara menteri pertanian sedunia," tambahnya. 

Sebagai informasi, GFFA adalah konferensi internasional yang berfokus pada pertanyaan-pertanyaan sentral mengenai masa depan industri pertanian-pangan global. Sehingga ke depannya bisa mendapatkan solusi terbaik dari permasalahan yang ada. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya