Nagari Tuo Pariangan di Sumbar Jadi Desa Terindah Dunia

Nagari Tuo Pariangan jadi desa terindah di dunia
Sumber :
  • Facebook Kemlu RI

VIVA – Nagari Tuo Pariangan di Sumatera Barat (Sumbar) berhasil menyabet gelar desa terindah di dunia versi sebuah majalah travel dan wisata bergengsi di New York, Amerika Serikat. Keindahan Nagari Tuo Pariangan disejajarkan dengan keindahan desa cantik lainnya di dunia seperti Desa Wegen di Swiss, Eze di Prancis, Niagara di Kanada.

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

Keasrian dan warisan leluhur yang masih terjaga dengan baik di desa itu menjadi salah satu kriteria penilaiannya. Nagari Tuo yang berada di Kecamatan Pariangan dikenal sebagai desa kuno dan dipercaya sebagai tempat lahirnya cikal bakal sistem pemerintahan khas masyarakat Minangkabau. Buktinya terdapat peninggalan sejarah seperti prasasti menhir dan batu tigo luak.

Di desa itu juga bisa ditemui banyak rumah Gadang yakni rumah tradisional khas Minangkabau bahkan diantaranya ada yang telah berusia ratusan tahun namun tetap berdiri kokoh.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Selain rumah Gadang, ada pula bangunan yang paling menarik perhatian wisatawan yakni Masjid Al-Ishlah alias Masjid Tuo Minangkabau. Dikabarkan masjid ini dibangun pada abad ke-11 dan menjadi tempat ibadah agama Islam pertama di tanah Minang sebagaimana diunggah dalam akun resmi Facebook Kemlu RI.

Nagari Tuo Pariangan bisa ditempuh sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Padang, Ibu Kota Sumatera Barat tersebut.

Intip Cerita Desa Ibru Muaro Jambi, Pemenang Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

UNS Kerjasama dengan BRI Gelar Program Desa Inspiratif

Desa yang tergabung dalam program “Desa BRILIAN” diharapkan menjadi sumber inspirasi kemajuan desa yang dapat direplikasi ke desa-desa lainnya.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024