Logo DW

Tak Ungkit Pemakzulan, Pidato Kenegaraan Trump Banggakan Ekonomi AS

picture-alliance/L. Millis
picture-alliance/L. Millis
Sumber :
  • dw

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memanfaatkan momen pidato kenegaraan pada Selasa (04/02) malam waktu setempat, untuk menyoroti tentang rekam jejak dan menunjukkan integritasnya di tengah proses pengajuan pemakzulan dan pengawasan ketat terhadapnya.

‘‘Tidak seperti banyak orang sebelum saya, saya menetapi janji saya,‘‘ ujar Trump.

Namun dalam agenda yang berlangsung selama satu jam 18 menit itu, Trump sama sekali tidak menyinggung tentang proses pemakzulan dirinya yang tengah berjalan.

Trump tampak menolak untuk berjabat tangan dengan Ketua DPR AS yang juga politisi ternama kubu Partai Demokrat, Nancy Pelosi. Sementara di akhir sesi pidato, Pelosi terlihat merobek salinan pidato Trump.

Trump banggakan kepemimpinannya yang membawa perubahan

Trump menyoroti langkah-langkah yang telah dilakukan pemerintahannya untuk meningkatkan ekonomi negaranya dan kedudukan AS di mata global, serta mengutip angka pengangguran yang rendah.

Dia juga bangga dengan nilai kesepakatan perdagangan dengan Meksiko dan Kanada (USMCA), serta terbentuknya kesepakatan dagang tahap satu dengan Cina yang menghentikan perang dagang antara kedua negara berpengaruh tersebut.