VIDEO: Suaranya Ganggu, Presiden Jokowi Suruh Menteri Basuki Diam

Presiden Jokowi meresmikan underpass atau terowongan YIA.
Sumber :
  • VIVAnews/Purna Karyanto Musafirian

VIVA – Ada yang unik dari acara peresmian jalur bawah tanah atau underpass Yogyakarta Internasional Airport. Kala itu, Presiden menegur Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono sesaat sebelum wawancara dengan media.

Menhan AS Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih

Teguran itu tentunya bukan peringatan keras dari Presiden Jokowi ke menteri kesayangannya itu. Melainkan, meminta suara peringatan berkendara yang ada di underpass YIA dihentikan sementara karena mengganggunya untuk wawancara.

Suara peringatan tersebut adalah suara dari Menteri Basuki sendiri dan diputar berulang-ulang di dalam terowongan terpanjang di Indonesia. Bunyinya "Hati-hati 40 kilometer per jam, nyalakan lampu"

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan underpass Yogyakarta International Airport (YIA), Jumat, 31 Januari 2020. Acara tersebut merupakan salah satu agenda dalam kunjungan kerja Presiden ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Presiden Jokowi sendiri hadir di lokasi peresmian pada pukul 14.00 WIB. Di tengah cuaca yang sangat terik Presiden langsung meresmikan jalur bawah tanah atau underpass terpanjang di Indonesia.

Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, terowongan YIA ini memiliki panjang 1,3 kilometer dengan lebar 7,85 meter.

Jalan ini, lanjut Basuki merupakan terowongan terpanjang yang ada di Indonesia dan dilengkapi dengan suara peringatan tetap berhati-hati nyalakan lampu dan kecepatan 40 km per jam.

"Karena jalan ini merupakan terowongan terpanjang di Indonesia, maka terowongan ini mendapatkan sertifikat dari MURI kepada direksi PT Wijaya Karya," jelas Basuki.

Untuk lebih jelas berikut videonya:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya