Logo DW

Parasite: Ketika Film Berbahasa Asing Menguak Cakrawala Oscar

Reuters/M. Anzuoni
Reuters/M. Anzuoni
Sumber :
  • dw

Pada waktu sutradara Parasite, Bong Joon-ho, menerima penghargaan Oscar untuk kategori film terbaik pada Academy Awards ke-92 di Los Angeles, yang lebih dikenal sebagai ajang Piala Oscar, dunia film Korea Selatan tiba-tiba jadi sorotan media.

Bagi para penggemar film Asia, kemenangan Parasite sebenarnya bukan kejutan lagi. Sebelumnya, film yang aslinya berbahasa Korea itu sudah menang di berbagai festival film bergengsi, seperti Festival Film Cannes di Prancis.

Patrick Brzeski yang menulis untuk The Hollywood Reporter menggambarkan kemenangan Parasite sebagai "tonggak baru” dalam banyak hal.

"Sebelum ini, tidak ada film Korea yang pernah dinominasikan untuk kategori apa pun di Oscar," katanya kepada DW. "Para kritikus dan pecinta film sudah lama menganggap ini sebagai skandal, mengingat industri film Korea terus-menerus menghasilkan film inovatif selama lebih dari 20 tahun terakhir."

Momen simbolis yang kuat di ajang Oscar

Penghargaan Oscar untuk Parasite mengoreksi situasi "yang memalukan" ini, kata Patrick Brzeski. Pilihan Hollywood kali ini membuka cakrawala baru.

"Mengingat adanya protes terus-menerus tentang kurangnya keragaman dan representasi di Hollywood dan di Oscar, fakta bahwa Parasite, sebuah film yang sepenuhnya berbahasa Korea dan dibintangi oleh para pemain Korea, adalah momen simbolis yang kuat."