Pipa Gas Bocor di Proyek Jalan Tol, Ini Penjelasan PGN

Pipa gas bocor, diduga karena proyek galian jalan tol
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) buka suara terkait bocornya pipa gas di jalan raya Bekasi, Cakung, Jakarta Timur pada pagi tadi pukul 09.40 WIB. Petugas PGN disebut telah melaksanakan investigasi dan dikonfirmasi bahwa jaringan infrastruktur gas bumi PGN di wilayah tersebut memang mengalami kebocoran. 

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Berdasarkan informasi dan temuan di lapangan oleh PGN, indikasi kebocoran tersebut disebabkan oleh pekerjaan pihak ketiga yang mengenai infrastruktur distribusi gas bumi. Namun demikian, penyebab pasti kebocoran masih dalam penyelidikan oleh pihak berwajib.

"Saat ini kebocoran sudah tertangani dan proses perbaikan tengah dilakukan. Dalam pengerjaan ini, kami berkomitmen untuk mengutamakan keselamatan kerja dan keamanan jaringan. Sebisa mungkin dipercepat pengerjaannya, tapi tetap tidak melupakan safety,” ungkap Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Redy Feryanto dikutip dari keterangan resminya, Kamis 12 Maret 2020.

PM Kishida Sampaikan ke Prabowo Jepang Akan Berkontribusi di Infrastruktur dan Energi di Indonesia

Lebih lanjut, Redy menjelaskan, pengaliran gas akan dilakukan secara bertahap. “Dalam waktu 48 jam, diupayakan gas dapat mengalir kembali secara keseluruhan. Tapi untuk pelanggan rumah tangga, gas sudah bisa mengalir kembali,” tambahnya.

Tim Penanggulangan Gangguan PGN disebut telah melakukan upaya antisipasi dengan melakukan pengamanan lokasi dan pemasangan warning sign. Adapun pelanggan yang terdampak akibat kejadian ini yaitu sejumlah pelanggan industri, perumahan, dan pembangkit listrik.

KIP Perintahkan KPU Beberkan Data Rincian Infrastruktur Teknologi Pemilu 2024

“Puji syukur kejadian ini aman dari fatality, namun ke depan apabila ada pelaksanaan pekerjaan pihak ketiga yang bersinggungan dengan infrastruktur gas bumi, stakeholder terkait dapat meningkatkan kewaspadaan dan kerjasamanya dengan kami untuk mengutamakan safety bagi keselamatan seluruh pihak," kata dia.

PGN juga menyampaikan permohonan maaf atas insiden ini, termasuk kepada pelanggan yang terkena dampak dalam insiden tersebut. 

"Kami akan mengusahakan agar dampak risiko dari kejadian dapat diminimalisir dan aliran gas di sekitar wilayah yang terdampak dapat segera berjalan normal kembali,” imbuh Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama.

Dia menuturkan pihaknya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas sikap tanggap dari masyarakat sekitar lokasi kejadian yang langsung mengabarkan kepada petugas PGN. Sehingga insiden ini dapat segera diatasi. Kepada khalayak yang terkait kejadian emergency dan kejadian yang berpotensi untuk terjadinya insiden di jaringan gas bumi diimbau dapat segera menghubungi contact center PGN di 1500645.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya