Logo BBC

Virus Corona: Kakek 99 Tahun Sukses Galang Sumbangan Rp196 Miliar

Seorang veteran perang berusia 99 tahun, yang tengah menyelesaikan jalan kaki sebanyak 100 kali putaran di kebun miliknya sebelum ulang tahunnya ke-100, telah mengumpulkan uang lebih dari £10 juta atau sekitar Rp196 miliar untuk disumbangkan kepada layanan kesehatan nasional (NHS), Inggris.

Tom Moore awalnya ingin mengumpulkan £1.000 atau sekitar Rp19 juta untuk disumbangkan kepada NHS Charities Together dengan menyelesaikan jalan kaki mengelilingi satu putaran kebunnya.

Namun kini dia telah melampaui 10.000 kali target awalnya berkat sumbangan dari lebih dari 500.000 orang melalui daring.

Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock sebelumnya berterima kasih kepada Moore atas usahanya dan mengatakan dia adalah "inspirasi bagi kami semua".

Moore mulai mengumpulkan dana sebagai bentuk terima kasih kepada tim medis NHS yang disebutnya bertindak "luar biasa" saat membantunya dalam perawatan kanker dan pinggul yang patah.

Dengan bantuan kursi jalan (walking frame), dia menargetkan berjalan kaki sebanyak 100 putaran di kebun miliknya seluas 25 meter di Marston Moretaine, Bedfordshire, Inggris.

Dengan menyisakan 10 putaran lagi, dia berharap menyelesaikannya sebelum ulang tahunnya yang ke-100.