Pindad Kini Produksi 'Peralatan Tempur' Hadapi Virus Corona

VIVA – PT. Pindad (Persero) selama ini dikenal sebagai industri andalan dalam memproduksi alutsista (alat utama sistem persenjataan) atau produk pertahanan nasional. Namun, di tengah wabah virus corona (Covid-19), Pindad juga siap memproduksi sejumlah “alat tempur” demi perangi virus mematikan itu – mulai dari hand sanitizer, alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis hingga alat bantu pernafasan ventilator.

Smelter Freeport di Gresik Mulai Produksi Agustus 2024 dengan Kapasitas 50 Persen

Persiapan produksi ventilator VRM buatan Pindad ini tengah memasuki tahap akhir. Produknya saat ini berada dalam proses uji kelayakan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Demikian ungkap Direktur Utama Pindad, Abraham Mose, saat menerima kunjungan kerja Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hari ini. “Prototipe (ventilator) sudah diuji bekerjasama dengan dokter rumah sakit Pindad dan sedang proses sertifikasi kelaikan di Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Kementerian Kesehatan," ujar Abraham, Jumat 24 April 2020.

Honda Bakal Jor-joran Produksi Motor Listrik Tahun Ini

Untuk memaksimalkan produk tersebut ,pihaknya bekerjasama dengan perguruan tinggi untuk pengembangan ventilator. "Pada prinsipnya Pindad siap untuk mendukung dan memproduksi kebutuhan ventilator di Jawa Barat maupun nasional. Ke depannya, PT Pindad akan melaksanakan produksi Pindad VRM dengan perencanaan produksi 40 unit per hari," kata Abraham.

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT. Pindad, Ade Bagdja, menambahkan, dalam keikutsertaannya menangani wabah pandemi covid-19 ini pihaknya tidak hanya membuat ventilator.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Pindad menyiapkan produk-produk untuk pencegahan Covid-19 ini dalam satu paket. Tidak hanya ventilator, tetapi juga APD, kanon semprot, disinfectant chamber, dan lain sebagainya. Kanon semprot terdiri dari 3 varian, yang kecil bisa masuk ke gang-gang di kota Bandung, yang sedang bisa masuk komplek-komplek dan yang besar untuk di jalan raya," kata Ade.

Mobile Sterilization Chamber Covid-19 adalah produk lain dari Pindad, merupakan ruang sterilisasi yang menyemprotkan uap disinfektan untuk mensterilkan tubuh dari virus dan bakteri. Mengikuti anjuran WHO, cairan disinfektan yang digunakan oleh Pindad terbuat dari bahan ramah lingkungan dan tidak mengandung zat berbahaya, non-alkohol sehingga aman untuk tubuh manusia.

Selain itu, Pindad juga menyediakan cairan disinfektan yang sudah mendapat izin dari WHO serta perlengkapan medis APD bagi tenaga medis dalam menangani pasien virus corona – lengkap dengan face shield helmet dan kacamata. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya