Ramadhan Ini, BI Sumut Siapkan Uang Pecahan Baru Rp13,5 Triliun 

VIVA – Di tengah pandemi Covid-19, ?Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumatera Utara tetap melayani kebutuhan masyarakat untuk Uang Pecahan Kecil atau UPK pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1441 Hijriah dengan total mencapai Rp13,5 triliun.

Viral! Demi Uang Baru untuk Lebaran, Warga Cikampek Rela Letakkan Sandal untuk Dapat Antrean

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut, Wiwiek Sisto Widayat kepada wartawan di Kota Medan, Senin, 27 April 2020, menilai jumlah uang tersebut, sangat mencukupi kebutuhan masyarakat Sumut akan uang pecahan baru.

"Tahun 2019 jumlah realisasi penarikan perbankan selama periode Ramadhan dan Idul Fitri mencapai Rp9,8 triliun. Jadi persediaan saat ini lebih dari 137 persen," sebut Wiwiek.

bank bjb Dukung BI Sediakan Uang Rupiah Baru untuk Ramadan dan Idulfitri 2023

Untuk Ramadhan tahun ini, Wiwiek mengungkapkan pihaknya menyediakan penukaran UPK melalui kas keliling. Mengingat Indonesia, terutama di Sumut tengah dilanda virus corona sehingga tidak boleh melakukan mobilitas massa dengan jumlah besar.?

Namun, ?Wiwiek mengungkapkan masyarakat dapat melakukan penukaran UPK hanya di bank yang ada di Sumut maupun di Kota Medan. Tapi, proses penukaran dengan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Tukar Uang Tunai Baru Tak Boleh Bersifat Jual Beli, Begini Kata MUI

"Pemenuhan kebutuhan UPK masyarakat dipenuhi melalui penukaran di kantor-kantor cabang utama bank, kantor-kantor cabang pembantu perbankan di seluruh wilayah Sumut," ?sebut Wiwiek.
?
Selain itu, Wiwiek mengungkapkan BI Sumut menjamin dan memastikan bahwa kebutuhan masyarakat akan UPK akan tetap terpenuhi dengan baik dan pelaksanaannya dilakukan perbankan.

Ketika disinggung penukaran uang UPK di pasar-pasar tradisional seperti yang dilakukan selama ini, Wiwiek menegaskan, semua penukaran uang yang di luar kantor dan menggunakan mobil ditiadakan dulu.

Selama ini penukaran UPK pernah dilakukan di Lapangan Merdeka, Lapangan Benteng juga pasar-pasar tradisional dengan menggunakan mobil kas keliling berbagai perbankan dan berlangsung dengan aman dan lancar.

Dalam penukaran UPK ini, Bank Indonesia membatasi dengan nilai maksimal ?Rp3,7 juta per orang. Untuk rincian penukarannya minimal kelipatan 100 lembar. Kemudian, tidak dibolehkan melebihkan angka tersebut.

Jadinya, pecahan Rp20.000 maksimal penukaran senilai Rp2 juta, pecahan Rp10.000 maksimal penukaran Rp1 juta, pecahan Rp5.000 maksimal penukaran Rp500.000 dan pecahan Rp2.000 minimal penukaran Rp200.000.?

"Nilai tukaran per orang dan untuk setiap penukaran, sama seperti tahun lalu. Dan penukaran akan dilakukan per tanggal 1 Mei 2020 ini," jelas Wiwiek.?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya