Airlangga Beberkan Sektor Industri yang Berkinerja Baik saat Corona

VIVA – Sejumlah sektor industri disebutkan masih berkinerja baik di tengah masa pandemi corona. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, sejumlah sektor industri itu hanya berlaku bagi sejumlah barang atau pun komoditas.

BSD dan PIK 2 Masuk Daftar PSN, Ini Penjelasan Lengkap Pemerintah

"Ada sektor-sektor yang masih baik yaitu industri karet, kulit, makanan pokok, farmasi, kesehatan, dan minyak nabati masih positif," kata Airlangga usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Rabu 29 April 2020.

"Yang terparah tentu sektor restoran dan pariwisata," tambahnya.

Menko Airlangga Bertemu Menteri Singapura Bahas KEK hingga Kerja Sama Ketenagakerjaan

Airlangga menyatakan, situasi krisis seperti ini, pemerintah mendorong sektor usaha kecil dan mikro memetik cuan atau untung. Oleh karenanya, kata dia, Presiden Jokowi memberikan arahan supaya jajarannya memberikan subsidi bunga kredit sebesar 6 persen selama tiga bulan pertama. Sementara untuk pengajuan kredit di bawah Rp10 juta, subsidi diberikan flat sebesar 6 persen.

"Kemudian tiga bulan kedua adalah 3 persen. Itu untuk kredit usaha rakyat dan juga untuk kredit- kredit yang Rp10 sampai Rp500 juta. Sedangkan Rp500 juta ke atas sampai Rp10 miliar itu bertahap," kata dia.

BSI Ungkap Tantangan Pengembangan Perbankan Syariah

Di kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani, menjelaskan sebanyak 60 juta pelaku usaha bakal mendapatkan subsidi bunga kredit dalam program tersebut. Menurut dia, skema insentif ini akan terus dimodifikasi melihat perkembangan situasi ke depan.

Hal ini juga akan didiskusikan sesegera mungkin dengan Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia untuk mengidentifikasi estimasi kebutuhan yang dipertimbangkan melalui berbagai opsi. Pemerintah berharap keringanan modal kerja bagi pelaku usaha sudah mulai berjalan pada bulan Mei mendatang.

"Presiden harapkan secepat mungkin, saat ini dalam proses panitia antar kementerian dan harmonisasi dan diharapkan selesai pekan ini," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya