Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Ilustrasi robot masa depan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Banyak hal yang menjadi lebih mudah dengan mengandalkan teknologi, termasuk dengan menggunakan kecerdasan buatan atau yang lazim disebut Artificial Intelligence (AI). Hal ini tentu sangat membantu dan bisa menghemat banyak tenaga.

Kenali Asuransi Kecelakaan Kerja dan Cara Mengklaimnya

Namun di saat bersamaan, kondisi dunia kerja yang seperti ini juga menjadi ancaman untuk sebagian pekerja di dunia. Berbagai pekerjaan dikhawatirkan akan digantikan oleh robot di masa yang akan datang. 

Bayangkan, bagaimana rasanya jika kelak kita akan lebih banyak mengandalkan robot dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan. Untuk sebagian orang, ini akan menjadi ancaman terutama mereka yang pekerjaannya berpotensi ditangani oleh robot. Besar kemungkinan sebagian pekerja akan kehilangan pekerjaan mereka.

Ramadhan Banjir Job, Happy Asmara Ungkap Isi Hati Harus Jauh dari Keluarga karena Kerjaan

Bukan hanya itu saja, sebagian pekerjaan bahkan bisa saja punah dan tidak akan membutuhkan tenaga manusia lagi di masa yang akan datang. Hal ini bahkan diprediksi akan menimbulkan terjadinya PHK di berbagai sektor. 

Berikut beberapa pekerjaan yang akan digantikan oleh robot di masa yang akan datang seperti dikutip dari Cermati.com pada Rabu 20 Mei 2020.

INFOGRAFIK: Ketentuan THR 2024
  • Pengacara

Profesi yang berkaitan dengan bidang hukum ini menjadi salah satu pekerjaan yang kemungkinan kelak akan digantikan oleh robot. Hal ini bahkan memiliki potensi besar, terutama untuk beberapa pekerjaan yang berulang dan hanya bersifat rutin.

Profesi sebagai pengacara junior akan menjadi yang paling mungkin tergantikan oleh robot, sebab pekerjaan yang mereka tangani ini masih bersifat rutin, seperti: mencari berbagai aturan hukum yang berkaitan dengan sebuah kasus, menyusun kontrak, dan yang lainnya.

  • Analis Keuangan

Berbagai pekerjaan di dalam layanan jasa keuangan juga menjadi salah satu bidang yang rentan tergantikan oleh robot, salah satunya analis keuangan. Hal ini tentu menjadi ancaman bagi para pekerja sektor keuangan, yang pada umumnya mendapatkan penghasilan yang cukup besar jika dibandingkan dengan sektor industri lainnya.

Di dalam pekerjaan analis keuangan, robot dianggap bisa membuat pola serta melakukan perdagangan yang lebih cepat, jika dibandingkan dengan manusia biasa. Kemampuan ini akan membuat tenaga mereka dibutuhkan dan diandalkan di masa depan.

  • Sopir

Sopir menjadi salah satu pekerjaan yang bisa ditangani oleh robot, bahkan sekarang kita sudah dapat melihat berbagai uji coba terkait hal ini. Jika melihat kondisi tersebut, sopir kemungkinan hilang dan punah seiring dengan berlalunya waktu. 

Saat ini, sejumlah perusahaan teknologi bahkan berlomba-lomba untuk pengembangan robot di bidang yang satu ini. 

  • Telemarketing dan Customer Service

Kedua pekerjaan ini tentu sudah tidak diragukan lagi akan tergantikan oleh robot. Saat ini penggunaan robot untuk menangani layanan costumer service bahkan sudah terbilang biasa dan sangat mudah ditemukan di berbagai perusahaan.

Hal yang sama juga kemungkinan akan terjadi pada telemarketing. Perusahaan menyediakan layanan ini juga semakin banyak di pasaran. Di dalam prakteknya, robot ini bisa melakukan berbagai pekerjaan dengan cepat, mulai dari menerima keluhan pelanggan hingga memberi solusi untuk semua keluhan tersebut.

  • Buruh Bangunan dan Pekerjaan Kasar Lainnya

Bukan hanya pekerjaan kantoran saja, pekerjaan kasar dan juga buruh bangunan juga kemungkinan akan tergantikan oleh robot. Penggunaan robot dianggap lebih efisien, jika dibandingkan dengan manusia, sebab robot bisa bekerja penuh selama 24 jam sepanjang minggu. 

Penggunaan robot seperti ini sudah banyak dilakukan oleh perusahaan, bahkan yang berskala besar sekalipun.

  • Tenaga kesehatan

Di dalam pelayanan kesehatan, robot juga bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan baik. Berbagai pekerjaan di bidang ini bahkan terancam digantikan oleh robot.

Robot bisa menggantikan pekerjaan apoteker dalam meracik obat, sehingga pekerjaan yang satu ini bisa terancam. Beberapa waktu yang lalu, sebuah perusahaan bahkan memamerkan bagaimana robot bisa melakukan tindakan operasi. 

  • Pegawai Administrasi

Mengolah data menjadi pekerjaan yang mudah bagi robot, bahkan untuk data dalam jumlah yang sangat besar sekalipun. Pekerjaan yang sulit untuk manusia ini justru mudah selesai di tangan robot. 

Selain mengolah data, robot juga bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan administrasi lainnya, seperti: mengetik, membuat laporan, dan yang lainnya.

  • Koki 

Beberapa perusahaan juga mengembangkan robot yang bisa memasak dan kelak dapat diandalkan untuk membuat berbagai menu lezat. Hal ini tentu menjadi ancaman bagi para koki profesional. 

Jika robot-robot ini bisa bekerja dengan baik di dapur, maka akan ada banyak koki kehilangan pekerjaan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya