Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Ilustrasi terpaksa dan bosa bekerja di kantor
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bagi kebanyakan orang, penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan merupakan salah satu hal yang diidamkan karena mampu membantu finansial bulanan. Bukan hanya itu saja, pekerjaan sampingan juga bisa menambah relasi di luar kantormu saat ini.

Sempat Diremehkan, Michella Ham Bagi Tips Sukses Bangun Bisnis di Usia 23 Tahun

Namun, memiliki pekerjaan sampingan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Perlu adanya manajemen waktu yang efektif agar pekerjaan sampingan yang kamu miliki tidak mengganggu pekerjaan utama. 

Meskipun menghasilkan banyak pemasukan, akan tetapi kamu harus mempertimbangkan banyak hal ketika mengambil pekerjaan sampingan. Jangan biarkan pekerjaan sampingan tersebut membuatmu keteteran sehingga mengganggu waktu istirahat atau bahkan waktu liburanmu. 

5 Tips Bisnis, Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

Jika benar-benar berniat untuk memiliki pekerjaan sampingan, ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan agar pekerjaan utama dan sampingan tetap berjalan dengan lancar seperti dikutip Cermati.com, pada Rabu 20 Mei 2020:

1. Tentukan Tujuanmu

Kiat CEO Ternama Bangkit dari Keterpurukan

Penting untuk menetapkan tujuan ketika kamu mengambil sebuah keputusan, termasuk dengan keputusan menerima pekerjaan sampingan. Pasalnya, tujuan ini nanti yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk menyetujui atau menolak tawaran pekerjaan sampingan dari klien.

Walaupun hanya pekerjaan sampingan, kamu harus menghabiskan waktu, tenaga, maupun pikiran agar hasil yang didapatkan sesuai harapan. Jadi sebelum menerimanya, tanyakan padamu sendiri apakah tujuanmu mencari pekerjaan sampingan dan apakah pekerjaan yang ditawarkan mendukung tujuan tersebut.

Sebagai contoh tujuanmu adalah menguasai sebuah bidang tertentu ketika tidak lagi bekerja di kantor. Apabila pekerjaan sampingan yang kamu terima mendukung tujuanmu tersebut maka pekerjaan tersebut layak untuk diterima.

2. Buatlah Perkiraan Jadwal Kegiatan

Apabila selama ini kamu tidak menyusun jadwal pekerjaan, maka lain halnya jika sudah memiliki pekerjaan sampingan. Ketika sudah memiliki pekerjaan sampingan, kamu wajib membuat perkiraan jadwal kegiatan agar kamu bisa mengatur waktu untuk setiap pekerjaan dan kegiatan yang akan dilakukan.
 
Pastikan bahwa kamu juga memasukkan kegiatan sehari-hari seperti kumpul keluarga, kondangan, nongkrong, dan lain sebagainya. Perkiraan jadwal kegiatan tersebut bisa membantumu mengatur waktu dengan lebih optimal. Jadi usahakan membuat perkiraan jadwal kegiatan sebaik mungkin dengan mempertimbangkan banyak hal.

3. Cek Ulang Kontrak Kerja Kantormu

Ada perusahaan yang membebaskan karyawannya untuk melakukan kegiatan apapun di luar kantor asalkan tidak mengganggu pekerjaan selama di kantor. Namun ada juga kantor yang memberikan aturan ketat pada karyawan yang memiliki ikatan kerja. 

Kamu harus memastikan perusahaanmu masuk ke dalam tipe mana dengan membuka kembali kontrak kerja. Apabila perusahaanmu membebaskan karyawannya untuk melakukan kontrak kerja dengan perusahaan lain di luar jam kerja kantor maka pekerjaan sampingan yang kamu minati bisa diambil.

Sebaliknya, jika perusahaanmu tidak mengizinkannya maka jangan ambil pekerjaan sampingan karena bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan sanksi pemecatan sekaligus blacklist.

4. Terima Pekerjaan Sesuai Kemampuan

Pekerjaan sampingan memang mampu meningkatkan finansialmu, apalagi jika pekerjaan tersebut membutuhkan skill khusus yang tidak semua orang miliki. Meskipun begitu, kamu harus memiliki aturan sendiri agar pekerjaan tersebut nantinya tidak akan membuatmu keteteran.

Pastikan bahwa pekerjaan sampinganmu sebelumnya sudah selesai ketika kamu akan mengambil pekerjaan baru. Hal ini akan membantumu terhindar dari pekerjaan yang menumpuk dan membuatmu keteteran. 

Tips lainnya yaitu jangan terlalu tamak terhadap tawaran uang dari pekerjaan sampingan jika pekerjaan tersebut mengganggu waktu kerjamu di kantor atau membuat waktu istirahatmu hilang.

5. Berikan Performa Maksimal di Kantor

Berkata secara jujur mengenai pekerjaan sampinganmu kepada atasan di kantor bisa membantumu lebih tenang saat menerima tawaran pekerjaan. Namun meskipun kamu memilih tidak mengatakannya pada atasan, pastikan bahwa pekerjaan tersebut tidak mengganggu performa kerja di kantor.

Tetaplah profesional karena kamu sudah membuat kontrak kerja dengan perusahaanmu saat ini secara langsung. Kalau bisa kamu harus memberikan hasil kerja dan prestasi yang lebih baik sehingga tidak ada alasan untuk perusahaan melarangmu memiliki pekerjaan sampingan.

6. Buatlah Skala Prioritas

Memiliki pekerjaan sampingan seharusnya bisa membuatmu punya lebih banyak modal mengajak keluarga ataupun orang terdekat menikmati berbagai hal, seperti liburan atau jalan-jalan. Namun yang menjadi masalah, jika prioritas utamamu adalah mengumpulkan uang maka waktumu akan habis untuk bekerja tanpa menikmati hasilnya. 

Masukkan orang terdekat ke dalam skala prioritasmu dalam menjalani kehidupan. Jangan sampai pekerjaanmu menyita waktu yang seharusnya dihabiskan bersama orang tercinta. Kamu bisa mengeliminasi kegiatan yang tidak terlalu penting seperti menonton ulang drama atau arisan berjam-jam untuk mendapatkan waktu kerja lebih.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya