Pesawat Pakistan Airlines Jatuh di Karachi

Ilustrasi pesawat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sebuah pesawat Pakistan International Airlines jatuh di Karachi dalam penerbangan dari Lahore, kata pejabat penerbangan.

Senyap dan Mematikan, Apa Itu Senjata Kimia?

Dilansir dari BBC, Penerbangan PK-8303, yang mengangkut sekitar 91 penumpang dan delapan awak, terbang dari Lahore ke Bandara Internasional Jinnah, salah satu bandara tersibuk di Pakistan.

Gambar menunjukkan adegan kehancuran di daerah perumahan Model Colony.

Mahasiswa Ukraina Jadi Tentara Relawan, Langsung Terjun ke Garis Depan

Layanan darurat segera tiba. Tidak ada konfirmasi tentang korban sejauh ini, tetapi banyak yang dikhawatirkan mati.

Pesawat itu, sebuah Airbus A-320, akan mendarat ketika jatuh di dekat Model Colony, sebuah lingkungan di Karachi sekitar 3,2 km (dua mil) di timur laut Bandara Internasional Jinnah.

Suku Asli Penajam Paser Khawatir akan Terusir dari Tanah Leluhur

Tentara Pakistan mengatakan tentara dari pasukan reaksi cepatnya telah mencapai lokasi kecelakaan untuk membantu upaya penyelamatan.

Penyebab kecelakaan belum dapat dikonfirmasi. Kepala eksekutif PIA, Wakil Marsekal Udara Arshad Malik, mengatakan pilot telah memberi tahu petugas kontrol lalu lintas bahwa pesawat itu mengalami "kesulitan teknis".

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengatakan dia "kaget dan sedih" oleh kecelakaan itu, menjanjikan penyelidikan segera.

Kecelakaan itu terjadi hanya beberapa hari setelah negara itu mulai mengizinkan penerbangan komersial untuk dilanjutkan setelah isolasi akibat coronavirus.

Orang-orang Pakistan di seluruh negeri sedang bersiap untuk merayakan akhir Ramadhan, dengan banyak yang melakukan perjalanan pulang ke rumah mereka di kota dan desa.

Seperti apa catatan keselamatan Pakistan?

Pakistan memiliki catatan keselamatan penerbangan kotak-kotak, termasuk sejumlah kecelakaan pesawat.

Pada tahun 2010, sebuah pesawat yang dioperasikan oleh maskapai swasta Airblue jatuh di dekat Islamabad, menewaskan semua 152 orang di dalamnya—bencana udara paling mematikan dalam sejarah Pakistan.

Pada 2012, sebuah Boeing 737-200 yang dioperasikan oleh Bhoja Air Pakistan jatuh dalam cuaca buruk karena pendekatannya untuk mendarat di Rawalpindi, menewaskan semua 121 penumpang dan enam awak.

Dan pada 2016, sebuah pesawat Pakistan International Airlines terbakar saat melakukan perjalanan dari Pakistan utara ke Islamabad, menewaskan 47 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya