Beli Rumah saat Pandemi Corona: Banyak Potongan Harga dan Suku Bunga

Program Rumah Murah
Sumber :
  • Dok. Kementerian PUPR

VIVA – Indonesia Properti Watch atau IPW menilai, di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini, justru merupakan saat yang tepat untuk membeli rumah atau hunian.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

Direktur Eksekutif IPW, Ali Tranghanda menjelaskan, hal itu karena adanya sejumlah stimulus serta bonus dan kemudahan yang diberikan oleh para pengembang dan pihak perbankan, yang dinilai akan sangat menguntungkan bagi para pembeli hunian tersebut.

Misalnya seperti program suku bunga terjangkau yang diberikan oleh pihak perbankan, atau bahkan pembayaran 'down payment' atau DP yang justru dibayarkan oleh para pengembang itu sendiri bagi para konsumennya.

Viral! Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Seperti Istana Pangeran Dubai

"Sekarang momentum yang tepat untuk membeli rumah, karena banyak kemudahan dari perbankan dan pengembang," kata Ali dalam keterangan tertulisnya, Kamis 28 Mei 2020.

Ali menilai, kondisi saat Covid-19 ini sebenarnya berbeda dengan kondisi krisis ekonomi di tahun 1998 lalu. Sebab, saat krisis ekonomi, terjadi 'financial crash' sehingga daya beli masyarakat menjadi sangat lemah.

Viral Mobil Sedan Terbang dan Masuk Garasi Rumah Komplek Elite

Namun, dalam kondisi pandemi saat ini, Ali menilai bahwa daya beli masyarakat, khususnya kelas menengah atas, nyatanya masih cukup tinggi. Hanya saja, saat ini mereka lebih cenderung menahan untuk melakukan spending.

Padahal, Ali memastikan bahwa saat ini merupakan momentum yang tepat bagi para investor maupun 'end user' untuk membeli properti, karena sangat banyak pengembang yang justru menawarkan beragam promo yang sangat menguntungkan.

Ali bahkan mencontohkan salah satu promo yang dilakukan oleh Sinar Mas Land, yang membayarkan uang muka bagi para konsumennya dengan tajuk 'Move In Quickly'.

"Saya memperhatikan salah satunya adalah Sinar Mas Land. Pengembang ini membayar uang muka bagi para konsumennya melalui program 'Move In Quickly'. Ibaratnya sekarang pembeli itu posisinya di atas, memiliki daya tekan untuk memilih produk yang diinginkan," ujarnya.

Diketahui, saat ini sangat banyak pengembang properti yang meluncurkan berbagai strategi pemasaran, seperti yang dilakukan oleh Sinar Mas Land yang memberikan potongan harga jual, gratis BPHTB, bahkan hingga keringanan pembayaran.

Sehingga, saat ini konsumen dapat membeli rumah sebagai kebutuhan pokok dengan harga paling kompetitif, ditambah dengan berbagai kemudahan kredit dari pihak perbankan yang telah berkomitmen dengan para pihak pengembang tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya