Imbas Corona, Konsumsi BBM Saat Lebaran di Sumut Turun 11 Persen ‎

Imbas Corona, Konsumsi BBM Saat Lebaran di Sumut Turun 11 Persen ‎

Jumat, 29 Mei 2020 | 10:29 WIB
Penurunan konsumsi terjadi pada semua jenis BBM Pertamina.

VIVA – Satuan tugas Ramadhan, Idul Fitri dan Covid-19 Pertamina mencatat terjadi penurunan konsumsi Bahan Bakar Minyak atau BBM saat menjelang dan setelah Lebaran 2020 di Sumatera Utara. Hal itu, tidak lepas imbas penyebaran virus corona.

Penurunan penggunaan BBM tersebut, juga karena ada larangan dari Pemerintah untuk melakukan mudik Lebaran untuk mencegah penyebaran virus corona. Padahal, pada musim mudik tahun sebelumnya mengalami peningkatan konsumsi minyak kendaraan bermotor.

"Selama H-3 hingga H+3 Lebaran tahun ini, kami mencatat konsumsi BBM mengalami penurunan. Untuk BBM jenis bensin yaitu Premium, Pertalite, dan Pertamax Series, konsumsinya mencapai 4,5 juta liter per hari. Jumlah ini turun hingga 11 persen dibandingkan konsumsi harian normal sebesar lima juta liter per hari," jelas Unit Manager Comm, Rel, & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, M. Roby Hervindo, Jumat 29 Mei 2020.

Roby menjelaskan pada arus mudik Lebaran 2019, bahwa realisasi konsumsi BBM jenis bensin di Sumut selama H-3 hingga H+3 Lebaran mencapai lima juta liter per hari. 

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Artikel Terpopuler