Transisi New Normal, Ma'ruf Amin Sebut Peluang Buat Ekonomi Syariah

VIVA – Pemerintah meminta masyarakat tetap produktif agar mampu mendorong pergerakan ekonomi di masa transisi menuju kenormalan baru atau new normal. Wakil Presiden Ma'ruf Amin menekankan ada peluang ekonomi syariah atau industri halal saat ini.

Besok Lebaran, Wapres Ma'ruf Ucapkan Selamat Rayakan Hari Kemenangan

"Pemberlakuan tatanan baru membuat aspek kesehatan dan higienitas menjadi hal yang mutlak. Di sinilah peluang industri halal yang jika diterapkan secara baik, Insya Allah dapat menjadi pilihan," kata Ma'ruf dalam sebuah webminar nasional, Kamis 4 Juni 2020.

Wapres mengimbau agar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang sebagian besar merupakan pelaku ekonomi syariah, dapat turut menyediakan berbagai produk dan jasa terkait kesehatan seperti masker, hand sanitizer dan pelindung wajah. Perubahan kebiasaan masyarakat juga menurutnya perlu mendapat perhatian pelaku ekonomi syariah.

Harapan Wapres Maruf Amin Terhadap KSAU Baru Marsdya Tonny Harjono

Ma'ruf menekankan pentingnya beradaptasi sesuai kondisi. Pelaku ekonomi syariah katanya harus bisa menyesuaikan diri dengan memanfaatkan teknologi digital dan transaksi online dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah.

"Contohnya, transaksi perbankan akan lebih fokus pada layanan internet banking, sementara pembelanjaan produk juga akan semakin fokus pada transaksi online," ujar Ma'ruf.

Pramuka Tak Lagi Jadi Ekskul Wajib, Ma'ruf Amin: Itu Bagus

Dia juga mengungkapkan bahwa dalam menghadapi pandemi Covid-19, pemerintah melakukan refocusing dan realokasi anggaran pendapatan dan belanja Negara (APBN), serta pelebaran defisit. Hal itu untuk memberi keleluasaan dalam menangani permasalahan kesehatan serta menyediakan anggaran bantuan sosial yang cukup besar.

"Pemerintah juga memberikan stimulus, baik fiskal maupun non-fiskal serta memastikan anggaran tersedia untuk program pemulihan ekonomi," kata dia.

Jokowi-Ma'ruf Amin Salat Id di Istiqlal (Doc: Natania)

Momen Jokowi-Ma'ruf Amin Salat Id di Istiqlal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin melaksanakan salat Idulfitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu pagi, 10 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024