PT KAI 'Pede' Penataan Empat Stasiun Terpadu Bakal Dongkrak Penumpang

Tampilan TOD Tanah Abang yang baru direnovasi.
Sumber :
  • Instagram @perumdasaranajaya

VIVA – PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Mass Rapid Transit Jakarta, akan berkolaborasi dalam membangun stasiun terpadu di empat stasiun kereta rel listrik atau KRL.

Dirut MRT Jakarta Beberkan Alasan Revitalisasi Kawasan Blok M

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo memastikan, upaya yang telah digenjot pihaknya sejak penandatanganan perjanjian kerja sama pada 10 Januari 2020 ini, akan menyasar keempat stasiun KRL di Ibu Kota yakni Stasiun Tanah Abang, Sudirman, Pasar Senen, dan Stasiun Juanda.

"Tujuan untuk memberikan kenyamanan kepada para pengguna kereta api, saat akan menuju dan tiba di stasiun," kata Didiek dalam telekonferensi, Rabu 17 Juni 2020.

Diskon! Naik MRT Jakarta Cuma Rp 243 pada 23-24 Maret 2024

Didiek memastikan, setelah ditata, nantinya akses menuju stasiun akan lebih teratur, karena nantinya hal itu juga akan dilengkapi dengan integrasi antarmoda transportasi yang baik. 

Apalagi, sebelum pandemi covid-19 merebak di Tanah Air, rata-rata volume penumpang di Stasiun Tanah Abang itu umumnya bisa mencapai jumlah 40 ribu penumpang setiap harinya.

Knowing Rules for Breaking the Fast Inside Public Transportation

Begitu pun di Stasiun Sudirman yang jumlahnya mencapai 25 ribu penumpang per hari, Stasiun Pasar Senen 15 ribu penumpang per hari, dan Stasiun Juanda yang mencapai 14 ribu penumpang per harinya.

Karena itu, Didiek mengaku yakin bahwa integrasi antarmoda yang terkoneksi dengan baik, melalui upaya penataan stasiun terpadu ini, nantinya akan mampu meningkatkan volume penumpang di setiap stasiun.

Dengan demikian, diharapkan akan makin banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi ke moda transportasi kereta api, karena kondisinya sudah aman, nyaman, dan terjangkau sebagai pilihan masyarakat.

"Dengan penataan stasiun-stasiun ini, maka aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang pun nantinya akan semakin meningkat," ujarnya.

Diketahui, setelah proses penataan keempat stasiun KRL tersebut rampung, maka penataan lima stasiun selanjutnya akan difokuskan dan diarahkan pada Stasiun Manggarai, Palmerah, Gondangdia, Tebet, dan Stasiun Jakarta Kota.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya