Ma'ruf Minta Kontribusi Nyata Pakar Ekonomi Selamatkan Orang Miskin

Wakil Presiden KH Maruf Amin
Sumber :
  • VIVAnews/Reza Fajri

VIVA – Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta kontribusi nyata para pakar ekonomi dalam masa pandemi wabah virus corona. Pemikiran dan tindakan para ahli itu diperlukan masyarakat.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Ma'ruf menyampaikan itu dalam Halalbihalal dan Silaturahmi Nasional Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Indonesia melalui videoconfrence di Kediaman Resmi Wapres, Jakarta Pusat, Jumat, 19 Juni 2020.

"Memang kita hendaknya tidak hanya melakukan pertemuan-pertemuan, diskusi-diskusi, tetapi juga melakukan langkah-langkah, aksi-aksi nyata. Marilah kita ikut berpartisipasi dalam menanggulangi apa yang dialami oleh bangsa ini, yaitu akibat pandemi Covid-19," ujar Ma'ruf.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Ma'ruf bilang, imbas dari penularan virus corona telah membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Orang miskin makin bertambah sehingga fokus pemerintah tidak hanya pada penanganan kesehatan, tapi menyelamatkan ekonomi bangsa.

"Kita sudah melakukan pemulihan-pemulihan ekonomi nasional, tentu kita harus mengambil peran terutama, yaitu menjaga supaya menghidupkan ekonomi-ekonomi kecil, usaha mikro kecil. Mereka yang paling terdampak oleh Covid ini, kan mereka justru paling banyak menampung tenaga kerja, persentasenya jauh lebih besar,” kata Mustasyar NU ini.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Dia meminta supaya organisasi yang terdiri dari akademisi dan praktisi di bidang ekonomi turut mendorong bangkitnya keuangan dan ekonomi syariah di Indonesia.

"Khususnya juga ekonomi dan keuangan syariah. Tentu bank-bank syariah, BPR-BPR [Bank Perkreditan Rakyat] syariah, BMT-BMT (Baitul Maal wa Tamwil/Balai Usaha Mandiri Terpadu) yang menjadi korban dampak daripada Covid-19 ini perlu mereka dibangkitkan kembali, dipulihkan kembali daripada dampak ini," katanya.

Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus di KPK

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus terkait kasus dugaan korupsi Alat Pelindung Diri (APD)

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024