Soal Putusan Sidang KPPU, Begini Tanggapan Dirut Garuda

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Setiaputra mengatakan, pihaknya menghormati secara penuh proses hukum dan hasil putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha atau KPPU, yang telah berjalan sampai dengan saat ini.

Kepada DPR, Menhub Pastikan Harga Tiket Pesawat Mudik Lebaran Tak Lampaui TBA

Hal itu sehubungan dengan hasil putusan persidangan KPPU, terkait dugaan pelanggaran UU Persaingan Usaha No. 5 Tahun 1999 pada Selasa 23 Juni 2020, terhadap tujuh maskapai penerbangan di Indonesia termasuk Garuda Indonesia Group (Garuda Indonesia dan Citilink Indonesia)

"Perlu kiranya kami sampaikan bahwa putusan KPPU tersebut merupakan tindak lanjut dari penelitian dan pemeriksaan KPPU terhadap sejumlah maskapai penerbangan nasional, termasuk Garuda Indonesia Group pada 2019 lalu," kata Irfan dalam keterangan tertulisnya, Rabu 24 Juni 2020.

Garuda Indonesia Dipanggil KPPU, Dirut Pastikan Tak Ada Kartel Harga Tiket Pesawat

Irfan menambahkan, pihaknya tentu menyadari bahwa iklim usaha yang sehat menjadi pondasi penting bagi ekosistem industri penerbangan, agar dapat terus berdaya saing.

Oleh karenanya, saat ini Garuda Indonesia Group memastikan untuk senantiasa memperkuat komitmennya, dalam menjalankan tata kelola bisnis perusahaan di tengah tantangan industri penerbangan yang semakin dinamis.

Bos Lion Air Jawab Teguran KPPU soal Harga Tiket Pesawat Mahal saat Lebaran

"Tentunya dengan tetap mengedepankan prinsip kepatuhan terhadap kebijakan yang berlaku," ujar Irfan.

"Garuda Indonesia Group juga akan memfokuskan pencapaian kinerja usaha yang optimal sejalan dengan upaya penerapan prinsip dan ketentuan persaingan usaha yang sehat," ujarnya.

Ilustrasi pantauan penerbangan dari ATC.

Bos InJourney Airports 'Curhat' Kendala di Industri Aviasi

Direktur Utama Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports, Faik Fahmi, mencurahkan isi hatinya soal beragam masalah serta berbagai tantangan industri aviasi saat ini.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024