Hadapi New Normal Menhub Budi Karya Cek Kesiapan Bandara YIA

Bandara New Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, DIY, 21 April 2019.
Sumber :
  • Twitter.com/@Sutopo_PN

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya meninjau kesiapan dari fasilitas Bandara Yogyakarta Internasional Airport di Kecamatan Temon, Kulonprogo, Yogyakarta. Hal itu dilakukannya dalam rangka menghadapi New Normal atau kebiasaan baru.

RI Resmi Ambil Alih Kontrol Ruang Udara di Atas Kepri-Natuna, Ini Harapan Menhub

Dalam kunjungannya, Budi Karya mengatakan sangat mengapresiasi kesiapan dan kelengkapan di Bandara YIA. Bahkan, menurutnya usai diresmikan oleh Presiden Joko Widodo Bandara YIA justru semakin baik.

Untuk itu, ia mengharapkan agar Bandara YIA menjadi bandara dengan infrastruktur terbaik dalam meningkatkan pariwisata di Yogyakarta. Selain itu, Budi berharap Bandara YIA konsisten dalam menerapkan pencegahan penyebaran covid-19. 

Menko PMK Murka, Bus Lama Dicat Baru Jelang Libur Lebaran 2024

"PT Angkasa Pura I harus selalu konsisten dalam melaksanakan protokol kesehatan dan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Pusat dalam pengolahan bandara di masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal," jelas Budi Karya dikutip dari laporan tvOne, Sabtu 27 Juni 2020.

Menhub Budi Harap Bandara Singkawang Bakal Dukung Konektivitas di Kalbar
>

Seperti diketahui, Bandara YIA sendiri adalah salah satu bandara di Indonesia dengan fasilitas terbaik. Bahkan, dilihat dari kualifikasinya Bandara YIA miliki runway terbaik dengan panjang 3.250 meter dan lebar 45 meter.

Bandara YIA pun diketahui dapat didarati oleh pesawat berbadan besar dan berat seperti A380 dan boeing 777-300 ER. Sehingga, bandara ini dapat menampung penumpang hingga 20 juta orang atau 11 kali dari bandara Adisucipto Yogyakarta.

Tak hanya itu, Bandara YIA juga dirancang memiliki sistem penanggulangan bencana alam cukup baik di bangunan gedung terminal yang anti gempa bumi hingga 8,8 skala richter.

Laporan kontibutor tvOne: Ari Wibowo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya