Dua Pekerja HAM Tewas Akibat Serangan Bom di Kabul

Afghanistan
Sumber :
  • Sumber: BBC

VIVAnews - Dua pekerja hak asasi manusia Afghanistan tewas akibat serangan bom di Kabul. Komisi Independen HAM Afghanistan menyebut keduanya tewas setelah bom rakitan yang dipasang di kendaraan mereka meledak.

4 Tentara Israel Terluka Akibat Bom Hizbullah di Lebanon

Juru Bicara Kepolisian Kabul, Ferdaws Faramurz, membenarkan kejadian tersebut. Namun, sejauh ini tidak ada kelompok yang menyatakan bertanggung jawab atas peristiwa itu.

Misi Bantuan PBB di Afghanistan mengutuk pembunuhan tersebut. Mereka juga menyerukan agar segera dilakukan penyelidikan.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

"Tidak ada pembenaran atas serangan terhadap pembela HAM," kata mereka seperti dilansir dari laman theguardian.com, Sabtu, 27 Juni 2020.

Serangan itu terjadi kurang dari seminggu setelah dua jaksa dan tiga pegawai dari kantor jaksa agung ditembak mati oleh orang-orang bersenjata di pinggiran Kabul.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Pada 30 Mei, seorang jurnalis terbunuh ketika sebuah minibus yang membawa pekerja Khurshid TV terkena bom di kota itu. ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Aksi kekerasan menurun di sebagian besar wilayah Afghanistan usai Taliban menyetujui gencatan senjata selama Idul Fitri bulan lalu. Tapi, pejabat di negara tersebut mengatakan gerilyawan meningkatkan serangan beberapa pekan terakhir.

Sebagian besar serangan Taliban menargetkan pasukan keamanan Afghanistan. Namun, polisi terus melaporkan warga sipil tewas akibat serangan bom.

Dewan Keamanan Nasional mengatakan 21 warga sipil tewas dan 30 lainnya terluka akibat serangan di 14 provinsi selama seminggu terakhir. Disebutkan, Taliban dan pemerintah Afghanistan tengah bersiap mengadakan pembicaraan damai yang bertujuan mengakhiri perang di negara tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya