Jokowi Ingin Penanganan Covid-19 dan Ekonomi Jalan Beriringan

Presiden Joko Widodo mengenakan face shield atau pelindung wajah untuk pencegahan penularan virus corona saat meninjau Pasar Pelayanan Publik di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis sore, 25 Juni 2020.
Sumber :
  • Biro Pers Istana

VIVA – Presiden Jokowi meminta kepada seluruh petugas yang mengurusi masalah virus corona bekerja secara berimbang. Ia mengingatkan, situasi disaat krisis kesehatan ini tidak mempedulikan dampak ekonomi. Begitu pun juga sebaliknya.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

"Urusan kesehatan dan ekonomi ini bisa berjalan beriringan," kata Jokowi saat membuka rapat penanganan dan penanggulangan covid-19 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa 30 Juni 2020.

Jokowi pun mengumpamakan, penanganan covid-19 seperti laiknya pengemudi yang tengah mengendarai sebuah kendaraan. Sehingga, jangan sampai, melonggarkan aktivitas ekonomi atau new normal tanpa suatu kebijakan yang tepat atau menginjak rem.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

"Betul- betul diatur," ujarnya.

"Sehingga ekonominya bagus tapi covid-nya naik. Bukan itu yang kita inginkan. (Atau) covid-nya terkendali, tapi ekonominya juga tidak mengganggu kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Epidemiolog Sebut Virus Nipah Bisa Jadi Pandemi, Berpotensi Masuk Indonesia

Jokowi menyatakan, pekerjaan mengendalikan krisis ekonomi sekaligus krisis kesehatan bukan urusan mudah. Semua negara, kata Jokowi, mengalami multikrisis yang juga dialami Indonesia. 

Menurut mantan Wali Kota Solo itu, kontraksi ekonomi atau tumbuh minus hampir dirasakan seluruh negara maju. "Artinya apa global dunia masuk yang namanya resesi," ujarnya.

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali meningkat. Per Rabu 13 Desember 2023 tercatat ada sebanyak 131 kasus baru sehingga total kasus aktif 365 kasus.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023