Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang
Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang
https://asset.viva.co.id/appasset-2018/mobile-2018/img/logo-bbc.jpg?v=8.7.12
Jumat, 3 Juli 2020 | 04:47 WIB

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2020/07/03/5efe3c83999c9-amerika-serikat-sita-13-ton-rambut-impor-dari-xinjiang-senilai-rp11-miliar-karena-diduga-dibuat-melalui-a-kerja-paksaa_663_382.jpg
Photo :
  • bbc

BBC Indonesia

Amerika Serikat menyita pengiriman rambut manusia yang dibuat di Xinjiang, China, dengan alasan pembuatannya dilakukan dengan cara "kerja paksa" terhadap anak-anak atau narapidana.

Produk ini berasal dari Xinjiang yang diduga menjadi lokasi penahanan jutaan Muslim di tempat-tempat yang disebut kamp “edukasi”.

“Pembuatan barang-barang ini dilakukan dengan pelanggaran berat hak asasi manusia,” kata pejabat bea cukai Amerika, Brenda Smith.

 

 

Menurut China, tuduhan “kerja paksa” itu ngawur dan dilandasi niat buruk.

AS tidak mengatakan apakah produk rambut itu berasal dari anak-anak dan tahanan, ataukah dibuat oleh anak-anak dan tahanan.

 

Apa yang disita?

 

Produk rambut ini ditahan di Bea Cukai di pelabuhan New York dan New Jersey.

Barang-barang ini berasal dari perusahaan di Xinjiang, yang menurut Bea Cukai mengindikasikan “kemungkinan pelanggaran hak asasi manusia berupa kerja paksa anak-anak dan melibatkan penahanan”.

 

Kamp re-edukasi bagi warga Muslim Uighur
Reuters
Pemerintah China mengirim jutaan warga Muslim Uighur ke kamp-kamp yang digambarkan sebagai tempat `re-edukasi` atau pusat `pendidikan vokasi`.

 

Saksikan Juga

AS Tuding WHO Bela China Revisi Data Korban Corona di Wuhan

BERITA - 4 bulan lalu
loading...