Rumput Gandum Mampu Lawan Depresi

jus rumput gandum
Sumber :
  • Consciouslife

VIVA – Rumput gandum atau wheatgrass belakangan ini tengah populer di kalangan masyarakat sebagai suplemen dan makanan super sehat. Rumput gandum ini merupakan rumput muda, tebal berwarna hijau cerah dari tanaman gandum. 

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

Berasal dari keluarga Triticum Aestivum, rumput gandum ini memiliki kandungan vitamin dan kaya akan mineral yang baik bagi kesehatan. Hal tersebut diungkapkan oleh Spesialis Gizi Klinis, Reisa Djuanda dalam program Hidup Sehat. 

Salah satu kandungan vitamin yang terdapat pada rumput gandum adalah vitamin C dan E yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

Baca juga: 4 Tips Konsumsi Daun Sirsak Agar Berkhasiat

"Rumput gandum mengandung berbagai vitamin dan antioksidan yang baik untuk meningkatakan kekebalan tubuh. Vitamin C dan E yang terkandung dalam rumput gandum ini memiliki efek antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh," kata Reisa dalam program Hidup Sehat tvOne, Jumat 17 Juli 2020.

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

Selain itu, rumput gandum juga diketahui dapat membantu menurunkan risiko kanker pada manusia. Hal ini dibuktikan pada penelitian yang menunjuukan saat sel kanker diberi suplementasi rumput gandum, dapat menurunkan risiko kanker mulut sebanyak 41 persen. Meskipun kata dia, penelitian ini baru terbatas pada laboratorium saja.

"Baru terbatas pada lab saja belm uji coba hewan atau manusia, jadi perlu penelitan lanjutan lebih jauh," kata dia.

Selain itu, rumput gandum juga diketahui dapat mencegah terjadinya anemia. Sebab, rumput gandum, kata Reisa mengandung klorofil yang tinggi. Yang mana klorifil pada tubuh dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam pembuluh darah, sehingga dapat meningkatkan hemoglobin yang dapat mengatasi anemia.

Selain itu, Reisa juga menyebut bahwa rumput gandum ini dapat mengurangi tingkat depresi pada seseorang. Sebab kata dia, rumput gandum memiliki kandungan vitamin B komplek yang baik untuk kesehatan syaraf dan otak. Yang mana dapat meningkatkan seratonin dan dopamin sehingga menimbulkan rasa senang dan mengatasi depresi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya