PoliticaWave: Gita dan Dahlan Dua Pemuncak Konvensi Demokrat

11 capres demokrat
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean
VIVAnews
Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan
- PoliticaWave, lembaga pemantau percakapan di jejaring sosial, menyimpulkan pemuncak Konvensi Calon Presiden dari Partai Demokrat adalah Gita Wirjawan dan Dahlan Iskan. Menurut Founder PoliticaWave, Yose Rizal, butuh kerja ekstrakeras bagi sembilan peserta lain untuk menyaingi popularitas kedua orang itu.

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

"Apabila rangkaian Konvensi Partai Demokrat berakhir hari ini, maka hanya akan ada dua figur yang dipastikan bersaing menjadi pemuncak, yaitu Gita Irawan Wirjawan dan Dahlan Iskan," kata Yose Rizal dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Jumat 28 Februari 2014.
Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto


Kesimpulan PoliticaWave ini setelah melakukan analisis terhadap jutaan percakapan di media sosial dalam kurun 1 Januari – 16 Februari 2014. Dengan jangkauannya yang amat sangat luas, pemantauan PoliticaWave menghasilkan daya prediksi dengan akurasi tinggi. Terbukti, dari sepuluh


Pemilihan kepala daerah yang dimonitor PoliticaWave, delapan di antaranya menghasilkan pemenang sesuai prediksi lembaga pertama di Indonesia yang berfokus pada pemantauan data secara real time terhadap ratusan platform dan jutaan percakapan di media sosial itu.


Menyongsong ronde-ronde final, Gita dan Dahlan sama-sama memiliki catatan impresif. Gita adalah kandidat calon presiden yang paling banyak diberitakan. Jangkauan percakapan terkait Gita juga merupakan yang terluas. Demikian pula pada share of citizen, kebanyakan pemilik akun di media sosial memperbincangkan Gita di atas capres lainnya.


"Sementara itu, Dahlan menjadi figur yang paling sering diangkat sebagai headline pemberitaan di online news, sekaligus paling sering mendapat sentimen positif para netizen. Dibanding para pesaingnya, Dahlan juga unggul sebagai kandidat dengan jumlah percakapan tertinggi di media sosial," menurut Yose Rizal.


Pencapaian Gita di atas menunjukkan bahwa, kendati bisa dikatakan sebagai sosok profesional yang baru mencelupkan kakinya di kancah perpolitikan nasional, namun akselerasi cepat dan massif yang dilakukan manajemen media sosial Gita terbukti gemilang melontarkan mantan Menteri Perdagangan itu ke posisi spektakuler memperebutkan kursi RI 1.


Demikian pula dengan Dahlan. Seperti dinilai banyak kalangan, Dahlan tampak sukses mengeksploatasi jejaring media yang ia miliki. Ditambah dengan gaya interaksi sosialnya yang khas dan kelihaiannya memosisikan diri pada isu-isu strategis, menjadikan kejayaan Dahlan di Konvensi PD sudah bisa diduga sebelumnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya