Seks yang Sehat Turunkan Risiko Penyakit Jantung pada Wanita

Gaya berpacaran di tempat terbuka.
Sumber :
  • Pixabay/AdinaVoicu

VIVA.co.id – Mulai dari meningkatkan sirkulasi darah hingga menurunkan kadar stres, aktivitas seksual tidak hanya memberikan rasa bahagia tapi masih banyak lagi manfaat kesehatan yang diberikan. Menariknya, sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa manfaat tersebut hanya dapat bertambah saat berada di usia dewasa.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Studi yang telah dipublikasikan di Jurnal Health and Social Behavior tersebut telah melakukan survei pada sebanyak 2.204 pria dan wanita dengan usia 57 hingga 85 tahun pada tahun 2005 dan 2006. Perkembangan kesehatan dan kesejahteraan mereka diikuti selama lima tahun.

Saat melihat keadaannya pada setengah dekade setelah studi dimulai, peneliti bertanya pada peserta mengenai isu kesehatan di usia mereka yang tak lagi muda, seperti hipertensi dan penyakit kardiovaskular serta aktivitas seksualnya dan seberapa mereka menikmatinya.

Mantan Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

Hasilnya, hubungan antara kesehatan dan aktivitas seksual sangat bergantung pada gender, dimana kaum pria yang melakukan aktivitas seksual setiap seminggu sekali, lebih berisiko mengidap masalah jantung setelah lima tahun.

Hal tersebut berarti, semakin kaum pria menikmati aktivitas seksualnya, semakin tinggi risiko terjadinya kardiovaskular. Namun, kemungkinan hal ini terjadi karena adanya pemakaian obat pada pria untuk meningkatkan staminanya.

Keluarga Kenang Sosok Donny Kesuma, Ingin Semua Anaknya Sukses

Pada kaum wanita, hasilnya lebih positif, seperti dilansir dari laman Glamour. Para peneliti tidak menemukan adanya isu kesehatan terkait aktivitas seksualnya dan terlebih lagi, mereka yang menikmati aktivitas seksualnya, memiliki risiko mengalami tekanan darah tinggi yang semakin rendah pada kurun waktu lima tahun mendatang.

Hal ini disebabkan karena wanita yang memiliki aktivitas seksual yang lebih baik juga memiliki hubungan yang baik dengan pasangan, sehingga meningkatkan kesehatan mental dan fisiknya. Para peneliti lantas merekomendasikan wanita untuk memiliki kehidupan seksual yang baik demi kesehatan wanita secara keseluruhan.

Ilustrasi Scaling Gigi

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Scaling gigi adalah prosedur membersihkan plak dan karang gigi. Plak adalah lapisan warna putih di permukaan gigi ketika bakteri dalam mulut bereaksi dengan sisa makanan.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024