Prediksi Pasar Meleset, Ekonomi Inggris Tumbuh Lebih Cepat

Mantan Walikota London dan Pemimpin Kampanye Brexit, Boris Johnson, diprotes saat ditunjuk oleh PM Theresa May sebagai Menteri Luar Negeri.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Kantor Badan Statistik Inggris mencatat, sepanjang kuartal III 2016 ekonomi Inggris tumbuh lebih cepat dari konsensus awal sejumlah ekonom. Bahkan keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit pada 23 Juni 2016 tak banyak mempengaruhi kondisi domestik negara tersebut.

Resident in UK Can Only Buy Three Tomatoes, Peppers and Cucumbers

Dikutip dari laman Business Insider, pada Jumat 28 Oktober 2016, Badan Statistik Inggris (ONS) mencatat, pertumbuhan ekonomi kuartal III 2016 mencapai 0,5 persen secara kuartalan (q to q) di atas perkiraan konsensus ekonom yang memperkirakan tumbuh hanya 0,3 persen.

Sedangkan, secara tahun ke tahun ONS mencatat, pertumbuhan ekonomi Inggris mencapai 2,3 persen atau lebih tinggi selama 12 bulan terakhir. Capaian itu mengandaskan proyeksi sejumlah ekonomi yang hanya memperkirakan ekonomi Inggris tumbuh 2,1 persen.

Tak Kunjung Dapat Pekerjaan, Thomas Tuchel Terancam Diusir dari Inggris

Dengan capaian tersebut, maka secara langsung Inggris mematahkan sejumlah perkiraan pesimis ekonom terhadap ekonomi negara tersebut usai Brexit. Dan sejauh data yang bagus saat ini disampaikan oleh ONS, kiamat ekonomi bagi Inggris gagal terwujud.  

Perlu diingat sebelumnya, keluarnya Inggris banyak dikomentari negatif sejumlah lembaga internasional, sebut saja Dana Moneter Internasional (IMF) yang langsung memangkas 0,1 persen pertumbuhan ekonomi global 2016 dan 2017 masing-masing menjadi 3,1 persen dan 3,4 persen.

Serikat pekerja Irlandia Utara Adakan Parade di Tengah Krisis Politik

IMF melalui Kepala Ekonominya Maury Obstfeld, juga secara langsung memperkirakan dampak Brexit akan memukul ekonomi Inggris lebih kuat dan memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi negara tersebut menjadi sebesar 1,7 persen pada 2016 atau turun 0,2 persen dari prediksi sebelumnya.

(mus)
 

Gerbang Tol Brebes Timur

Mengingat Momen Mudik Maut di Brebes Exit Tahun 2016, Belasan Orang Tewas

Sepanjang sejarah mudik, barangkali tahun 2016 yang paling berdarah. Kemacetan di pintu keluar Tol Brebes Timur atau Brebes Exit (Brexit) tahun 2016 jadi momen terburuk

img_title
VIVA.co.id
20 April 2023