11 Negara Terbaik untuk Hidup Lebih Lama di Dunia

Norwegia
Sumber :
  • Businessinsider.com

VIVA.co.id – Perserikatan Bangsa-Bangsa, atau PBB baru saja menerbitkan Laporan tahunan terkait Pembangunan Manusia. Laporan itu, terkait dengan peringkat negara-negara, di mana orang dapat hidup lama dengan gaya hidup sehat dan terbaik untuk ditinggali.

DKI Jakarta, Provinsi dengan Indeks Pembangunan Manusia Tertinggi 2020

Dilansir dari Business Insider, pada Rabu 29 Maret 2017, PBB juga memasukkan hampir 200 negara di sejumlah kategori, termasuk harapan hidup, pendidikan, kesetaraan gender, dan kekayaan keuangan.

Secara keseluruhan, laporan PBB menunjukkan bahwa dunia menjadi tempat yang baik untuk hidup. Meskipun, 800 juta orang di dunia masih tidur dalam kondisi lapar setiap harinya dan lebih dari 1 miliar orang keluar dari kemiskinan ekstrem 25 tahun terakhir.

Indeks Pembangunan Manusia Indonesia 2020 Hampir Stagnan

Pada saat yang sama, laporan itu juga mencatat ada beberapa perangkap yang bekerja melawan kemajuan manusia, seperti diskriminasi, intoleransi, dan norma-norma sosial yang menargetkan kelompok rentan seperti perempuan dan ras minoritas. 

Berikut, adalah negara-negara yang mencetak angka tertinggi:

Indeks Pembangunan Manusia RI Tahun 2019 Tak Capai Target

1. Norwegia - untuk 13 tahun berturut-turut, Norwegia masuk peringkat tertinggi dalam standar hidup, harapan hidup, dan pendidikan. Berkat sistem kesehatan negara yang kuat, dan didanai publik, harapan hidup rata-rata negara ini mencapai 82 tahun.

2. Australia - pendidikan membentuk lebih dari lima persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) nasional di negeri ini, yang mirip dengan Swiss. PBB menemukan bahwa kebanyakan siswa pergi ke sekolah selama 20 tahun di Australia.

3. Swiss - Negara ini peringkat tinggi dalam kesehatan secara keseluruhan. Rata-rata, orang hidup sampai usia 83 tahun dan memiliki risiko yang relatif rendah untuk penyakit seperti malaria, HIV, dan TBC.

4. Jerman - hingga Oktober 2014, semua universitas gratis untuk warga dan mahasiswa internasional di Jerman, di mana lebih dari 96 persen dari populasi memiliki setidaknya beberapa pendidikan menengah.

5. Denmark - Denmark seperti dengan Singapura di peringkat PBB. Ketika bandingkan rata-rata upah antara pria dan wanita, kesenjangan upah sekarang mencapai 7,8 persen untuk karyawan penuh waktu di Denmark. Sebagai perbandingan, kesenjangan ini lebih rendah dibandingkan Amerika Serikat yang sebesar 17,9 persen.

6. Singapura - Orang-orang di bangsa ini dapat berharap untuk hidup panjang. Harapan hidup rata-rata lebih dari 83 tahun di Singapura.

7. Belanda - Negara ini memiliki salah satu tingkat terendah pada ketimpangan pendapatan di dunia (12,4 persen), dan itu terus-menerus menurun sejak pertengahan 1990-an.

8. Irlandia - Kejahatan rendah di Irlandia. Tingkat pembunuhan hanya 1,1 per 1.000 orang, menurut data terbaru yang tersedia.

9. Islandia - Orang-orang di Islandia memiliki harapan hidup yang tinggi, hidup rata-rata 82,7 tahun.

10. Kanada - Mirip dengan Amerika Serikat, Kanada peringkat tinggi dalam prestasi pendidikan. Lebih dari setengah dari penduduknya lulus dari perguruan tinggi.

11. Amerika Serikat - AS peringkat tinggi dalam kekayaan finansial. Amerika miliki pendapatan rata-rata US$53.245 per tahun. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya