Okky Madasari: Kita Bisa Mendobrak Dominasi Pria

Okky Madasari: Kita Bisa Mendobrak Dominasi Pria

Jumat, 21 April 2017 | 06:37 WIB
Di dunia sastra, pria lebih dominan. Jalan pembuktian ditempuhnya.
Okky Madasari
Photo :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

Okky Madasari

VIVA.co.id – Nama Okky Madasari, dikenal sebagai penulis novel yang menggugah kesadaran dan lekat akan kritik sosial. Bahkan, lewat karyanya yang berjudul Maryam (2012), perempuan berusia 32 tahun ini diganjar Penghargaan Sastra Khatulistiwa, penghargaan sastra paling berpengaruh di Indonesia. 

Meski demikian, sebagai penulis perempuan, dia mengaku tidak mudah menaiki tangga kariernya sebagai salah satu penulis berpengaruh di Indonesia. Okky menuturkan, banyak tantangan yang dihadapi penulis perempuan. Salah satunya, dominasi penulis atau sastrawan senior laki-laki. 

"Ada, saya harus akui ada, di dunia sastra (dominasi) itu betul ada, itu adalah sebuah pengalaman nyata. Tapi kemudian ada orang seperti saya yang berkali saya ulang-ulang, bahwa saya memasuki dunia sastra tanpa kenal siapa pun, tanpa mendekatkan diri pada siapa pun, tanpa minta bimbingan pada sastrawan senior laki-laki mana pun dan saya buktikan, saya bisa," ungkap Okky saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis malam 21 April 2017. 

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Artikel Terpopuler