Menhub Klaim Bandara Kulonprogo Tahan Gempa 8,8 SR

Maket Bandara Kulon Progo, Yogyakarta.
Sumber :
  • Biro Pers Setpres

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim Bandara Kulonprogo di Daerah Istimewa Yogyakarta yang tengah dibangun tahan terhadap guncangan gempa 8,8 skala Richter.

Menhub: Pelabuhan Patimban Targetkan Layani Ekspor 160.000 Kendaraan

Pemerintah merancang bangunan bandara itu berdasarkan saran dan perhitungan para ahli pada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

"Dalam rangka membuat dan menjadikan (bandara) Kulonprogo itu aman maka ada standar yang tinggi oleh tim, yaitu standar gempa tsunami 8,8 skala Richter," kata Budi di kantor BMKG, Jakarta, pada Jumat, 26 Januari 2018. .

Menhub Budi Jelaskan 5 Poin Penting Kesepakatan FIR RI-Singapura

Pemerintah juga menyiapkan mitigasi bencana dalam pembangunan bandara itu. Misalnya, tidak boleh ada pusat listrik di lantai satu dan lantai dua, sebagai antisipasi mengurangi risiko kebakaran.

Bandara Kulonprogo dirancang dapat menampung jumlah penumpang empat kali lipat dibanding Bandara Adisutjipto di Yogyakarta. Pada tahap pertama, bandara itu berkapasitas tampung 15 ribu penumpang dan 28 pesawat berbadan lebar sekelas Boeing B-777.

Bakal Jadi yang Terpanjang di RI, Kemenhub Bangun Rel Layang Solo
Menhub Budi luncurkan rute pelayaran langsung ekspor ke China.

Buka Rute Pelayaran Langsung Ekspor ke China, Menhub Budi Pesan Ini

Menhub Budi memeinta pala pelaku bisnis pelayaran buka peluang rute langsung perdagangan Internasional.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022