Menhub Tinjau Pelayanan Transportasi yang Terdampak Banjir

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Bencana banjir yang terjadi beberapa hari belakangan di sejumlah wilayah di Jawa Barat dan Jawa Tengah juga berdampak pada aktivitas pelayanan transportasi di wilayah terdampak. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung lokasi tersebut pagi ini. 

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

“Hari ini saya akan ke sana kita akan melihat bagaimana kerusakan yang terjadi bagaimana penyebab-penyebab itu terjadi dan saya akan menyusuri sungai itu dan tempat-tempat kejadian (banjir) itu,” kata Menhub di Jakarta, Minggu 25 Februari 2018.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan, aktivitas pelayanan transportasi seperti kereta api sudah dapat beroperasi secara terbatas saat ini. Pihaknya terus berupaya untuk melakukan perbaikan.

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

“Untuk banjir yang  di sekitar Cirebon perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah pada dasarnya sudah kita atasi dan kereta api sudah mulai beroperasi walaupun dengan kecepatan rendah,” ungkapnya.

Menhub berharap dengan peninjauan langsung ke lokasi banjir ini pihaknya akan dapat memahami sekaligus memetakan secara jelas permasalahan yang ada. Koordinasi dengan instansi terkait seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bisa dilakukan dengan efektif. 

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

Sejumlah langkah antisipasi telah disiapkan khususnya di daerah-daerah yang berpotensi terjadi banjir maupun tanah longsor.

“Longsor itu adalah menjadi masalah utama dari kereta khususnya oleh karenanya satu sisi memang kita memperkuat bagian-bagian yang berpotensi longsor, kedua kita menyiapkan tim baik dari Kementerian Perhubungan, PT KAI, Kementerian PUPR membantu kita sudah menyiapkan alat berat, material di tempat-tempat yang potensial,” jelas Menhub.

Langkah tersebut dilakukan mengingat, banjir yang terjadi beberapa hari belakangan ini terjadi bukan di daerah yang diidentifikasi sebagai tempat yang akan terjadi banjir sebelumnya. Karena itu Menhub mengingatkan ke depan agar stakeholder terkait belajar dari kejadian banjir ini agar ke depan dapat lebih diantisipasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya