Luhut Pastikan LRT di Indonesia Pakai Komponen Lokal

Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Yasir

VIVA - Pemerintah terus menggenjot penggunaan komponen dalam negeri atau local content dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Salah satunya untuk proyek Light Rail Transit (LRT) yang saat ini sedang dibangun di Jakarta.

Anak Usaha Adhi Karya Bakal IPO, Cari Dana Rp1,6 Triliun Buat Ini

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pengadaan 'kereta ringan' itu akan menggunakan komponen dalam negeri. Hal itu menjadi pembahasannya dalam pertemuan dengan Direktur Utama PT Industri Kereta Api (Inka), Budi Noviantoro sore ini.

"Tadi memastikan semua penggunaan local content. Jadi penggunaan local content untuk LRT dikerjakan semua oleh PT Inka," kata kata Luhut di kantornya, Senin, 26 Februari 2018.

Kabel Proyek LRT Sering Hilang, Polisi: Ternyata Dicuri Karyawan

Kendati begitu, Luhut mengatakan, dalam proses pengembangannya akan ada integratornya atau konsultan dari luar negeri yang disewa untuk memperkecil kesalahan.

"Semua pengadaan dalam negeri, cuma kecuali mesin masih disupervisi oleh bombardier atau hyundai," ujar dia.

LRT Jabodebek Pasang Jembatan Panjang Terakhir di Dukuh Atas

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Inka, Budi Noviantoro mengatakan, pihaknya siap menyediakan sebanyak 31 trainset atau rangkaian kereta untuk LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek).

Setiap satu trainset itu terdiri dari 6 kereta atau gerbong. Dimana kapasitasnya mampu menampung hingga 300 penumpang. Untuk tahap pertama, akan disediakan sebanyak 4 trainset terlebih dahulu pada bulan Mei 2019.

"Mei 2019, (tahap) pertama empat (trainset) dulu," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya