Menteri Pertanian Pamerkan Alat Modern untuk Petani

Menteri Pertanian Andri Amran Sulaiman dan Menteri Riset dan Teknologi Mohamad Nasir di Balai Besar Mekanisasi Pertanian di Cisauk, Tangerang, Banten, pada Kamis, 1 Maret 2018.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Menteri Pertanian Andri Amran Sulaiman meninjau Balai Besar Mekanisasi Pertanian di Cisauk, Tangerang, Banten, pada Kamis, 1 Maret 2018. Balai itu dikelola langsung oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Menristek: Dosen Tak Boleh Suruh Mahasiswa Demo

Menteri memperlihatkan puluhan alat canggih dan modern yang dapat digunakan untuk membantu proses produksi dan panen para petani. "Alat ini bisa menekan biaya produksi sebanyak 40 persen tapi bisa meningkatkan hasil produksi sebanyak 20 persen," katanya.

Alat-alat senilai Rp60 juta per unit itu, katanya, diberikan kepada kelompok-kelompok tani untuk memudahkan mereka meningkatkan hasil pangan. Salah satunya mesin panen multikomoditas jagung dan padi, mesin pemanen tebu, alat pengeletek daun tebu, dan alat penggulung.

Rhenald Kasali Sebut 5 Tugas Pemerintah demi Majukan Sektor Pertanian

Selain memamerkan sejumlah alat canggih lain, Menteri meninjau lokasi Kawasan Ekonomi Khusus yang akan dibangun pusat pendidikan dan riset berkelas dunia.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, memberi tanggapan terkait seorang dosen IPB yang ditangkap polisi karena berencana bikin demo rusuh dengan menyiapkan bahan peledak.

Dosen IPB Tersangka Perencana Demo Rusuh Terancam Dipecat Permanen

Bila dipenjara lebih dari 2 tahun, harus diberhentikan sebagai PNS.

img_title
VIVA.co.id
3 Oktober 2019