Ingat, 16 April Ganjil Genap Ada di Tol Tangerang-Cibubur

Peraturan Ganjil-Genap di Tol/Ilustrasi
Sumber :
  • ANTARA Foto/Widodo S Jusuf

VIVA – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan memastikan pelaksanaan ganjil genap di Tol Tangerang dan Tol Cibubur akan tetap dilakukan uji coba perdana pada Senin 16 April 2018.

Daftar Jalan Tol yang Kena Ganjil Genap Nataru per 20 Desember 2021

Kepala BPTJ Kemenhub, Bambang Prihartono, mengatakan pelaksanaan tersebut akan dilakukan secara serempak pada Senin 16 April 2018 pukul 06.00-09.00 WIB di pintu Tol Cibubur 2, pintu Tol Tangerang 2 dan Pintu Tol Kunciran 2.

Menurut dia, pada pelaksanaan Senin nanti pihak BPTJ akan dibantu oleh sejumlah pihak yaitu Kepolisian, Dishub Kota terkait. Pelaksanaan tersebut juga akan langsung dipantau oleh Menteri Perhubungan Budi Karya.

Pasar Tomang Dibuka Lagi, Ganjil Genap Tak Diberlakukan

"Untuk pintu Tol Cibubur akan ada saya (Kepala BPTJ), sementara nanti di Alam Sutera ada Menteri Perhubungan Budi Karya bila tidak ada perubahan," jelas Bambang kepada VIVA.

Suasana di ruas tol Jakarta-Tangerang (Janger) di gerbang Tol Tangerang 2, Tangerang, Banten

Salat Jumat 1 Gelombang, MUI Tangerang: Jika Penuh Gunakan Gedung Lain

Ia mengungkapkan, pada pelaksanaan perdana di dua wilayah tersebut, petugas belum akan memberikan sanksi tilang bagi para pengendara yang tidak sesuai. Sehingga, bagi kendaraan yang bukan berpelat nomor genap diharapkan untuk bisa segera menyesuaikan. 

"Untuk sanksi tilang belum ada, ini baru uji coba perdana dan nanti pada Mei 2018 baru akan diterapkan kebijakan sepenuhnya," tegas dia.

Bambang menambahkan, untuk kebijakan di Tol Tangerang tidak hanya dalam bentuk ganjil genap. Melainkan, ada kebijakan pembatasan bagi kendaraan berat dan penerapan jalur khusus untuk bus di dalam tol.

Dalam penerapan kebijakan ini BPTJ juga bekerja sama dengan para operator angkutan bus yang akan menambah armada angkutan umum Bus Premium (Jakarta Residence Connection), dengan harapan akan semakin banyak pemilik kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum.

Adapun titik yang menjadi lokasi angkutan umum Bus Premium, di antaranya adalah Perumahan Citra Raya, Alam Sutera, Villa Melati, BSD City, dan Perumahan Banjar Raya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya