Rupiah Melemah, Menkeu Sri Pastikan Defisit APBN Terjaga

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan, defisit anggaran akan dijaga di kisaran 2,19 persen tahun ini. Meskipun, sentimen ekonomi global khususnya penguatan dolar Amerika Serikat merupakan tantangan yang tidak ringan untuk mewujudkan hal tersebut. 

Hasil Uji Ketahanan OJK: Perbankan Masih Bisa Mitigasi Pelemahan Rupiah

Sri Mulyani pun mengakui, dari sisi fiskal, perubahan nilai tukar maupun suku bunga bank sentral AS (Fed), berpengaruh terhadap seluruh pos Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dari sisi penerimaan maupun belanja. 

"Sampai hari ini, kami meyakini bahwa dengan adanya sensitivitas nilai tukar, kemudian terhadap suku bunga dan harga minyak, defisit APBN 2018 masih akan tetap terjaga pada kisaran 2,19 persen seperti yang ada di APBN," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 26 April 2018. 

Rupiah Amblas ke Rp 16.270 per Dolar AS Pagi Ini

Dia pun berharap, penguatan dolar AS yang terjadi bisa direspons dengan meningkatkan daya saing produk ekspor RI. Hal tersebut lah yang menjadi perhatian pemerintah saat ini. 

"Ini lah yang sedang dilakukan terus oleh Presiden Jokowi dengan seluruh kabinetnya untuk memperbaiki penguatan dari daya saing dari sektor ekspor Indonesia," tuturnya. 

Erick Imbau BUMN Beli Dolar AS Besar-besaran, Menko Perekonomian hingga Wamenkeu Bilang Gini 

Dia menegaskan, ekonomi Indonesia harus bisa fleksibel menghadapi perubahan situasi global. Pemerintah pun akan berkoordinasi dengan otoritas terkait guna membuat fondasi yang kuat untuk menjaga stabilitas ekonomi nasional. 

"Artinya, saya akan mengatakan bahwa perubahan lingkungan global dan regional harus bisa dimanfaatkan oleh ekonomi Indonesia," ungkapnya.

Konferensi Pers Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia

Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah

Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan atau BI Rate sebesar 25 basis poin (bps). Sehingga, suku bunga BI naik menjadi 6,25 persen.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024