Urus Bongkar Muat di Tanjung Emas Kini Pakai Sistem Online

Urus Bongkar Muat di Tanjung Emas Kini Pakai Sistem Online

Rabu, 30 Mei 2018 | 15:04 WIB
Kini, tak perlu lagi datang kepelabuhan urus bongkar muat.
Peluncuran aplikasi home terminal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.
Photo :
  • Dwi Royanto/VIVA.co.id

Peluncuran aplikasi home terminal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

VIVA – Pelabuhan Tanjung Emas Semarang berinovasi membuat sistem bongkar muat peti kemas dengan pola digital. Inovasi berbasis aplikasi yang diberi nama Home Terminal itu diklaim menjadi satu-satunya pelabuhan berbasis digitalisasi di dunia.

Commercial and Operational Direktur Pelindo III Mohammad Iqbal mengungkapkan, layanan home terminal dibuat untuk mempercepat pelayanan bongkar muat di pelabuhan. Aplikasi ini akan mempermudah proses pemesanan layanan jasa kepelabuhan pada gawai pengguna jasa. 

"Jadi, semua pelayanan menggunakan digital, aplikasi. Tidak usah lagi orang datang ke pelabuhan, pembayaran tidak di pelabuhan. Semuanya dari aktivitas booking, pembayaran menggunakan simpel aplikasi," kata Iqbal saat kick off launching Home Terminal di Semarang, Rabu, 30 Mei 2018. 

Aplikasi itu, lanjut Iqbal, disesuaikan dengan kebutuhan pebisnis saat ini yang mudah, sederhana dan transparan. Di dalamnya ada empat macam layanan menu utama yang kami tawarkan, yakni vessel service, port activities, logistics dan container management dan semuanya terintegrasi dengan sistem operasi terminal (TOS).

Dengan aplikasi Home Terminal ini, para pengguna jasa dapat memesan jasa kepelabuhanan cukup dengan sekali sentuh, di mana saja dan kapan saja. Lompatan besar itu diklaim akan semakin menghemat biaya logistik pengguna jasa hingga 30 persen. 

Berita Terkait :
Saksikan Juga