BI Rate 4,75 Persen, BTN Punya Ruang Naikkan Bunga Kredit

Direktur Utama BTN Maryono
Sumber :
  • VIVA.co.id/Romys Binekasri

VIVA –  Keputusan Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuannya membuka ruang bagi perbankan untuk  melakukan penyesuaian suku bunga kredit. Bank Tabungan Negara (BTN) mengambil ancang-ancang untuk lakukan hal itu.

BI Tagih Janji Bank BUMN Turunkan Suku Bunga Kredit Maret 2021

Namun Direktur Utama BTN Maryono memastikan, langkah tersebut akan dilakukan dengan penuh kehati-hatian. "Kami akan melihat dahulu pasar dalam negeri,” ujar Maryono di kantornya, Rabu, 30 Mei 2018.

Lebih lanjut menurutnya, ruang kenaikan bunga kredit terbuka karena kenaikan suku bunga acuan BI sudah pada level yang aman, yaitu dalam dua minggu terakhir naik 50 basis poin menjadi 4,75 persen.

Bank Indonesia Tahan Suku Bunga Acuan di Level 3,5 Persen

“Waktu bunga acuan BI naik 0,25 bps itu sangat kecil pengaruhnya ke suku bunga dana. Tidak terpengaruh. Kemudian hari ini, BI menaikkan lagi 0,25 bps. Kami akan lihat,” kata dia menambahkan.

Meski demikian Maryono mengatakan, hingga saat ini aktivitas kredit di BTN masih dalam kondisi yang baik.  Pertumbuhan kredit  pun dalam kurun waktu 3 tahun terakhir secara rata-rata masih mencatatkan pertumbuhan 19-20 persen.

Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional, BNI Pangkas Suku Bunga Kredit

“Kami sangat hati-hati dalam menaikkan suku bunga. Karena, kami ingin ada pertumbuhan yang sustain," ujarnya menegaskan.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo.

Suku Bunga Kredit Bank BUMN Sudah Kecil, BI: Swasta, Ayo Turunkan

Suku bunga kredit Bank BUMN yang tergabung dalam Himbara telah turun hingga single digit dari sebelumnya double digit.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2021