Tips Cepet Sukses Buat Generasi Milenial

Ilustrasi generasi milenial.
Sumber :
  • Entrepreneur

VIVA – Generasi millenial punya cara sendiri untuk meraih kesuksesan. Dengan dukungan teknologi yang super canggih, bukan tidak mungkin kalau generasi ini lebih sukses dibandingkan para pendahulunya. 

4 Tips Sukses dari Bill Gates dan Daniel Lubetzky untuk Para Pejuang

Tidak hanya mampu mengoperasikan teknologi yang diciptakan, tapi beberapa generasi millenial juga turut serta dalam proses pembuatan teknologi tersebut.

Apalagi, dengan kemampuan, skill, dan ketersediaan informasi yang ada, generasi millenial tentu lebih mudah untuk meraih sukses asalkan disertai dengan praktik kiat-kiat sukses berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

Komunitas Orang Papua di Yogyakarta Dukung Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

1. Membuka diri pada lingkungan yang lebih luas

Dunia ini sangat luas, tidak mentok hanya pada satu wilayah saja. Itu berarti Anda harus senantiasa membuka diri untuk lingkungan baru yang tentunya lebih luas dibandingkan lingkungan sekarang. 

Profil Andi Jerni, Atlet Karate yang Sentil Balik Omongan Megawati Soal Sumbangsih Generasi Milenial

Akan ada banyak perubahan dan model gaya hidup yang ditemukan, ambil nilai positifnya dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membuka diri, kesempatan yang datang pun jauh lebih luas karena Anda memiliki koneksi yang tersebar di berbagai daerah. Sehingga peluang untuk meniti karier ke jenjang yang lebih tinggi pun akan terbuka lebar.

2. Menjaga konsentrasi saat menyelesaikan sesuatu

Selain menyediakan informasi yang komplet, teknologi juga menyediakan sarana hiburan yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun. Banyaknya aktivitas di dunia maya membuat kaum millenial sering lupa kalau ada sesuatu yang lebih penting daripada mengutak-atik profil seseorang di media sosial. 

Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi kaum millenial dalam mengerjakan sesuatu. Apabila terlena dengan apa yang disediakan oleh teknologi, konsentrasi dalam bekerja pun akan hilang sehingga banyak tugas yang terbengkalai. Oleh karena itu, usahakan untuk fokus menyelesaikan apa yang sedang dikerjakan agar produktivitas selalu terjaga.

3. Peka terhadap perubahan yang ada

Teknologi akan senantiasa mengalami perubahan, demikian pula dengan gaya hidup. Bagaimana Anda menyikapi perubahan? Itulah yang paling penting. 

Banyak orang yang terlalu asyik dengan dunianya sendiri, tanpa memerhatikan perubahan yang ada. Hal ini otomatis akan membuat seseorang stagnan di satu titik karena secara tidak langsung ia menolak perubahan. 

Agar kesuksesan bisa diraih, pekalah terhadap perubahan. Buka diri Anda untuk mempelajari dinamika perubahan yang ada dan ikutlah menjadi bagian di dalamnya. Dengan demikian, Anda pun lebih mudah untuk masuk ke kehidupan duniawi yang lebih kompleks.

4. Menyisihkan waktu untuk belajar 

Lapangan pekerjaan di era modern semakin sempit karena tenaga manusia tidak lagi selalu dibutuhkan dalam menyelesaikan tugas, melainkan banyak sudah dialihkan pada tenaga robot. Untuk menghadapi fenomena ini, Anda perlu belajar lebih giat lagi agar mampu memenangi persaingan dibandingkan orang lain.

Dengan demikian, Anda memiliki nilai lebih yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan karya-karya brilian demi membangun hidup millenial yang lebih baik. Cakap mengambil peluang dan percaya diri adalah kunci sukses.

5. Tidak asal jiplak atau plagiat karya orang lain

Informasi yang tersedia di internet sangat luas dan lengkap, sehingga mengerjakan tugas pun jadi lebih mudah. Namun, Anda tidak diperkenankan untuk menjiplak karya atau jawaban yang tertulis di internet karena karya-karya tersebut memiliki hak cipta masing-masing. 

Sebaliknya, rangkailah jawaban sendiri dengan menjadikan berbagai sumber di internet sebagai pedoman dalam menyelesaikan tugas untuk melatih kreatifitas. 

6. Mencari informasi dari sumber terpercaya

Tentu semua informasi yang tersebar di dunia maya tidak sepenuhnya benar. Mau tidak mau, Anda harus lebih pintar memilah-milah setiap informasi yang didapat. 

Jangan mudah terpengaruh pada informasi tertulis tanpa meneliti kejelasannya lebih dulu. Kalau Anda mau tetap up to date, carilah informasi dari sumber-sumber terpercaya.

7. Menyisihkan waktu untuk beristirahat 

Manusia bukanlah robot yang mampu bekerja 24 jam penuh tanpa henti. Manusia membutuhkan istirahat untuk mengisi energi yang sudah terkuras selama bekerja. Meskipun bayang-bayang deadline selalu menghantui, tetap luangkan waktu untuk beristirahat.

Dengan istirahat yang cukup, Anda lebih mampu menyelesaikan tugas seberat apapun karena pikiran sudah lebih rileks sehingga hasilnya pun jadi lebih optimal. Karena tubuh bukanlah mesin, bukan?

Memaksimalkan seluruh potensi yang ada dan raihlah sukses

Meski teknologi terkadang mematikan daya saing manusia, tapi dengan memanfaatkan seluruh potensi yang ada, Anda bisa tetap survive di era perkembangan teknologi sekarang ini.
 
Jadilah seseorang yang memiliki nilai lebih agar mampu bersaing untuk meraih kesuksesan. Teruslah belajar dan berkarya demi masa depan yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya